BeritaEkonomiRegional

Kementerian PUPR Bangun SPAB di Banjarnegara Guna Penuhi Kebutuhan Air Bersih Untuk Masyarakat

BIMATA.ID Banjarnegara – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan pembangunan infrastruktur Sistem Penyediaan Air Baku (SPAB) Kali Ori di Desa Prigi, Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Kementerian PUPR membangun infrastruktur tersebut, merupakan dukungan kepada SPAB Kali Ori guna meningkatkan pelayanan penyediaan air bersih sebesar 8.000 sambungan rumah (SR) yang dikelola PDAM Kabupaten Banjarnegara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, bahwa ketersediaan air bersih diyakini mampu meningkatkan kesehatan masyarakat serta dapat menumbuhkan ekonomi rakyat dan negara.

“Jadi ketersediaan air bersih dan sanitasi yang baik merupakan basic untuk kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi,” kata Menteri Basuki.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak berharap, dengan adanya SPAB Kali Ori ini dapat memberikan manfaat dan memenuhi kebutuhan dasar air bersih bagi masyarakat di wilayah tersebut
“Dengan adanya SPAB Kali Ori, semoga dapat bermanfaat dan berdaya guna untuk masyarakat, sehingga kebutuhan dasar air baku dapat terpenuhi,” ujar Dwi Purwantoro.

Diketahui, Selain SPAB Kali Ori, Kementerian PUPR melalui BBWS Serayu Opak, Ditjen Sumber Daya Air juga telah menyelesaikan pembangunan prasarana air baku Umbul Jumprit di Kabupaten Temanggung. SPAB Umbul Jumprit dirancang dengan memanfaatkan sumber mata air Umbul Jumprit dialirkan melalui pipa transmisi sepanjang 18 km untuk memenuhi kebutuhan air baku 26.800 jiwa di 4 desa, Kecamatan Candiroto dan 6 desa di Kecamatan Ngadirejo.

Pembangunan prasarana air baku Umbul Jumprit ini dilaksanakan oleh Cv. Jaya Abadi sejak tanggal 1 April 2022 hingga 26 Desember 2022 dengan alokasi anggaran sebesar Rp.10,5 miliar yang bersumber dari APBN TA 2022.

Infrastruktur penyediaan air baku ini berada di objek wisata Umbul Jumprit dengan kapasitas layanan sebesar 50 liter/detik, baru terpenuhi 32 liter/detik.

Diketahui, Peresmian SPAB Kali Ori ini turut dihadiri oleh seluruh stakeholder di Provinsi Jawa Tengah, Pemkab Banjarnegara, dan Komisi V DPR RI pada pekan lalu, ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BWWS) Serayu Opak, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close