BeritaNasional

Kebal dari Audit, Faisal Basri: Hanya Tuhan yang Bisa Sentuh Ditjen Pajak

BIMATA.ID, Jakarta- Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Faisal Basri menilai hanya tuhan yang bisa menyentuh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, selain itu tidak ada yang bisa.

Hal tersebut dikatakan Faisal Basri dalam sebuah diskusi virtual yang dikutip Rabu (29/3/2023).

“Ditjen Pajak itu adalah direktorat jenderal yang tidak tersentuh oleh siapapun kecuali oleh tuhan,” kata Faisal.

Baca juga : Prabowo Doakan Ustaz Das’ad Latif Lekas Sembuh

Menurut Faisal saat ini Ditjen Pajak menjadi salah satu lembaga yang bebas audit. Jika pun ingin melakukan audit perlu meminta izin terlebih dahulu dengan Menteri Keuangan.

“BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) tidak bisa masuk mengaudit sesuai dengan tanggung jawab konstitusinya, tidak bisa. Harus seizin menteri keuangan. Dan minta izinnya lama,” sambungnya.

Faisal bercerita bahwa aturan bebas audit ini pernah diprotes bahkan digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh Anwar Nasution.

Baca juga : Prabowo Kian Diterima Semua Pihak

“Sehingga pernah dibawa ke Mahkamah Konstitusi untuk membatalkan atau menerobos ketentuan yang super melindungi pajak ini. Di era Pak SBY waktu itu, Menteri Keuangannya Sri Mulyani. Dirjen pajak Pak Darmin Nasution,” terang Faisal.

“Yang mensomasi atau yang membawa ke judicial review Doktor Anwar Nasution, Profesor Anwar Nasution Ketua BPK,” lanjutnya.

Faisal menilai audit akan menciptakan transparansi dan kredibilitas di tubuh DJP. Ia menyebut dirinya juga terlibat menuntut Ditjen Pajak agar tidak kebal audit. Meskipun hasilnya kalah total.

Baca juga : Elektabilitas Prabowo Naik Berkat Efek Jokowi, Pengamat: Ini Adalah Kekuatan

“Saya juga yang menuntut Ditjen Pajak tidak kebal dari audit. Kami kalah total,” ungkapnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close