BeritaNasional

Jokowi Minta Jajaran TNI dan Polri Untuk Cintai Produk Dalam Negeri

BIMATA.ID, Jakarta –  Presiden Republik Indonesia (Presiden RI) Joko Widodo dalam acara Peresmian Pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri Tahun 2023 meminta para jajaran TNI dan Polri untuk mendukung pembelian produk-produk dalam negeri dalam hal pengadaan keperluan prajurit/anggota mulai dari seragam hingga senjata.

“Saya minta di Kemenhan, di Polri, seragam militer (TNI), kita ini bisa bikin, ekspor ke semua negara, eh kita malah beli dari luar. Sepatu, senjata, kita bisa bikin lho,” kata Jokowi, dikutip dari antaranews, Rabu (15/03/2023).

Jokowi mengatakan, TNI/Polri dapat mengimpor teknologi canggih seperti pesawat tempur, dikarenakan Indonesia belum dapat memproduksi pesawat, senjata dan peluru, serta keperluan seragam yang dapat diproduksi sendiri.

“Kalau senjata, peluru, kita ini sudah bisa, apalagi hanya sepatu. Kenapa harus beli dari luar,” ucapnya.

Baca Juga : Prabowo Pimpin Langsung Demonstrasi Kopasgat TNI AU di Bandung

Jokowi menuturkan, bahwa dirinya mendapatkan cerita dari Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga purnawirawan TNI, bahwa makanan prajurit TNI dari dulu hingga saat ini masih dengan tempat penyedia yang sama.

“Makanan prajurit. Saya dapat cerita, dibisikin pak Jenderal Luhut Binsar Pandjaitan, ‘Pak Presiden saya sejak jadi tentara sampai pensiun, dan sekarang jadi menteri, penyedia barangnya (makanan prajurit) kok masih sama’. Mestinya semakin banyak penyedia itu semakin baik, karena harga semakin kompetitif,” tuturnya.

Presiden Jokowi mengaku akan mengecek kebenaran dari cerita tersebut, dia meminta kepada  TNI/Polri mendukung pembelian produk-produk dalam negeri. 

Pada sebelumnya, Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono berkomitmen untuk mendukung jenama lokal Cartenz Tactical, yang terletak di Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Jawa Barat, untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan prajurit.

“Kita selalu mendukung brand lokal seperti Cartenz Tactical ini, seperti arahan dari Bapak Presiden Jokowi,” kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam keterangan tertulis Humas Cartenz Tactical, Kamis.

Simak Juga : Menhan Prabowo: Inovasi Komando Teritorial di Kodam III Siliwangi Pecahkan Kesulitan Rakyat

Laksamana TNI Yudo Margono saat berkunjung ke showroom Cartenz Tactical dan dalam kunjungannya, Laksamana TNI Yudo Margono turut didampingi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali beserta jajaran serta Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Vero Yudo Margono bersama ibu-ibu Persatuan Istri Tentara.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close