BeritaEkonomiNasionalPeristiwaUmum

Jaga Stok Pangan Jelang Ramadan, Pemerintah Bakal Impor Daging Sapi, Kerbau, dan Gula Kristal

BIMATA.ID, Jakarta- Badan Pangan Nasional (Bapanas) memerintahkan Bulog dan ID Food untuk mengimpor daging sapi, kerbau, dan gula kristal dalam rangka persiapan Ramadhan 2023.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, importasi ini dilakukan bukan hanya untuk memastikan ketersediaan pangan selama Ramadhan 2023 saja, namun juga menjadi salah satu upaya pengendalian inflasi pangan.

BACA JUGA: Anak Buah Prabowo Salurkan Bantuan ke Korban Banjir Karawang

“Untuk daging sapi dan kerbau serta gula konsumsi kita sudah menugaskan Bulog dan minta Kementerian BUMN menugaskan BUMN Pangan melakukan pengadaan,” ujarnya dalam siaran resminya dikutip Jumat (03/03/2023).

Arief memaparkan, ID Food akan mengimpor sekitar 100.000 ton daging sapi dan Bulog akan melakukan pengadaan sekitar 100.000 ton daging kerbau.

“Kedatangan dilakukan secara bertahap, kita percepat (kedatangannya) sebelum Lebaran untuk menambah stok dan menjaga harga daging di masyarakat,” kata Arief.

BACA JUGA: Gelombang Rakyat Terus Meningkat, Prabowo  Ucapkan Terimakasih

Begitu juga dengan gula konsumsi, pada tahap pertama sampai dengan bulan Mei 2023, BUMN Pangan ID Food dan PTPN Holding Perkebunan ditugaskan melakukan pengadaan sekitar 215.000 ton Gula Kristal Putih (GKP).

sebelumnya, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Bapanas I Gusti Ketut Astawa mengatakan, Perum Bulog sudah mengimpor daging kerbau beku sebanyak 100.000 ton asal India. Hanya saja, daging kerbau tersebut akan sampai ke Tanah Air pada pertengahan atau akhir Maret 2023.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Hadiahi Najwa Shihab Buku ‘Kepemimpinan Militer’

“Ini sudah berposes, Bulog sudah impor sekitar 100.000 ton dari India tapi belum datang. Sudah ngajukan persyaratan Persetujuan Impor (PI) sehingga 2-3 minggu ke depan sudah sampai indoensia,”pungkasnya, Kamis (02/03/2023).

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close