BeritaPeristiwaPertanianRegional

Harga cabai di Sleman Alami Penurunan

BIMATA.ID, Sleman – Harga cabai di Kabupaten Sleman mengalami penurunan dalam kurun waktu semalam. Yakni, harga cabai rawit di pasaran semula di harga Rp 62.500 per/kilogramnya (kg), turun hingga Rp 9.000. Menjadi Rp 53.500 per/kg pada, Selasa (28/03/2023).

Kabid Usaha Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Kurnia Astuti menyampaikan, untuk harga cabai merah keriting pun ikut turun Rp 2.750, dari Rp 36.125 menjadi Rp 33.375 per/kg. Kemudian, cabai merah besar dari Rp 38.857 menjadi Rp 38.857 per/kg.

“Kami juga belum bisa menemukan kenapa harga cabai bisa turun sedrastis ini,” ungkap Kabid Usaha Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Kurnia Astuti kemarin (28/03/2023).

Baca juga: Prabowo Doakan Ustaz Das’ad Latif Lekas Sembuh

Namun, walau adanya penurunan harga, tidak terjadi pada cabai rawit hijau (ceplus). Justru cabai jenis ini naik Rp 625 dari Rp 49.125 menjadi Rp 49.750 per kg.

Sehingga, untuk para pedagang di pasaran masih menjual cabai dengan harga lama dengan alasan guna menghabiskan stok cabai yang telah dibeli dari pengepul sehari sebelumnya.

Maka dari itu, belum dapat dipastikan potensi penurunan, dan peningkatan harga cabai mendatang. Namun Kurnia menjelaskan, harga cabai fluktuatif berdasarkan demand, supply, dan musim.

Lihat juga: Prabowo Kian Diterima Semua Pihak

“Namun biasanya harga akan naik menjelang Lebaran,” tuturnya.

Diketahui, dari volume total produksi cabai di tingkat petani lokal, hanya 25% di Sleman. Sedangkan 75 % lainnya, dipastikan keluar daerah Sleman.

Oleh karena itu, guna mengisi kekosongan itu, banyak cabai dari luar yang telah masuk ke Sleman. Seperti, Boyolali, Wonosobo, Karanganyar, hingga Magelang.

Simak juga: Elektabilitas Prabowo Naik Berkat Efek Jokowi, Pengamat: Ini Adalah Kekuatan

“Mayoritas cabai dipasok dari luar daerah yang ketika masuk di pasar memang harganya lebih murah. Karena memang harga cabai yang di produksi di Kabupaten Sleman ini cukup tinggi, karena memang kualitasnya beda ya,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Jika melihat trend pada tahun lalu, harga cabai mulai Februari s/d Maret biasanya jatuh. Karena, Jawa Timur (Jatim), dan Jawa Tengah (Jateng) sudah melakukan panen raya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close