Bimata

Dukung Peningkatan Hasil Panen, Pemkab Serahkan Bantuan Sepeda Motor

BIMATA.ID, Boyolali – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali bersama Dinas Pertanian (Dispertan) setempat mendistribusikan bantuan berupa sepeda motor khusus pengangkut panen dan benih padi, bagi para petani tembakau, dan petani padi.

Diketahui, bantuan tersebut, langsung diserahkan oleh Bupati Boyolali, M Said Hidayat, yang bertempat di Kantor Dispertan Kabupaten Boyolali, pada Selasa (07/03/2023).

Kepala Dispertan Kabupaten Boyolali, Bambang Riyanto mengatakan, telah memenuhi target yang telah dirumuskan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Baca juga: Menhan Prabowo Puji Dukungan Besar Presiden Dalam Sektor Pertahanan

Sambungnya, produktivitas daun tembakau kering untuk rajengan, dan aseupan pada 2023 sebesar 1,18 Ton per/hektar. Naik 60 kg per hektarnya. Kemudian,untuk target produktivitas padi sebanyak 58,84 kuintal per/hektar, naik 20 kg per hektarnya.

Maka, dengan pencapaian tersebut, pemerintah menyerahkan bantuan dengan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), berupa sarana pengangkut panen tembakau sebanyak 12 unit dengan nominal Rp 410 juta kepada 12 Kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Selo, Cepogo, Teras, Mojosongo, Banyudoyo dan Musuk.

Selain itu, juga diserahkan untuk para petani, benih padi bersertifikat varietas Inpari 32 sebanyak 6.800 kg dengan nominal Rp 74. 800.000, kepada 13 kelompok tani di Kecamatan Nogosari dan tujuh kelompok tani di Kecamatan Andong, dengan total luas lahan di dua kecamatan tersebut 272 hektare.

Lihat juga: Ini Pesan Prabowo Subianto di HUT Kostrad

“Ini untuk mensosialisasikan kepada para petani padi untuk menggunakan benih bersertifikat, agar produksinya lebih tinggi dan lebih tahan terhadap penyakit,” ucap Kepala Dispertan Boyolali, Bambang Riyanto, dalam keterangannya seusai acara.

Kemudian, Bupati Said menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng atas bantuan yang diberikan kepada para petani Boyolali.

Maka dari itu, pihaknya berharap, dengan adanya bantuan ini, para petani tembakau akan lebih mudah mengangkut hasil panen, dan bagi petani padi akan bisa meningkatkan hasil panennya.

Simak juga: Dukung Prabowo di Pilpres 2024, Gerakan Relawan Pandu Garuda: Kami Yakin Beliau Mampu Wujudkan Cita-cita Para Pendiri Bangsa

Exit mobile version