BeritaNasional

Bos Pertamina Akhirnya Blak-blakan soal Kebakaran Depo BBM Plumpang

BIMATA.ID, Jakarta- Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memaparkan pemicu kebakaran di Depo BBM Plumpang. Permasalahan utama kebakaran depo ternyata bukan pada tangki penyimpanan BBM.

Menurut dia, kebakaran dipicu dari pipa penyalur BBM menuju tangki di Depo tersebut.

“Jadi, jika kita lihat kemarin insiden itu dipojok atas kanan bukan di tangkinya tapi di pipa yang masuk ke tangki tersebut. Di pipa itulah terjadi kebakaran,” ujar Nicke dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR yang dikutip dari Youtube Komisi VI DPR RI, Senin (20/3/2023).

Baca juga : Mayoritas Relawan Jokowi NTB Dukung Prabowo Sebagai Capres 2024

Meski demikian, Dia masih enggan menyebut, penyebab utama dari kebakaran pipa tersebut. Sebab, kebakaran ini masih diinvestigasi oleh manajemen dan pihak lain.

Namun Nicke memastikan, tangki-tangki dan seluruh fasilitas yang beraada di Depo BBM Plumpang masih aman. “Karena yang terbakar adalah pipa dan itu sudah dipadamkan,” ucap dia.

Sebelumnya, Nicke memaparkan, awal mulanya Pertamina membeli lahan seluas 153 hektare dari PT MASTRACO sebesar Rp 514 juta pada tahun 1971. Sebagian dari lahan itu, seluas 72 hektare dibangun untuk Depo BBM Plumplang.

Sebelumnya baca juga : Ketum Golkar Respon, Ditengah Ramainya Wacana Duet Prabowo – Ganjar

Sisanya, seluas 82 hektare dibiarkan kosong dan belum dihuni. Namun pada tahun 1976, dikeluarkan surat penetapan pemberian hak dari Menteri Dalam Negeri untuk pembangunan instalasi minyak di lahan itu.

“Ini beberapa gambar yang kami ambil, jadi tahun 1972 masih di sekelilingnya adalah tanah kosong ada 82 hektare sekitar TBBM Plumpang ini,” jelas Nicke dalam paparannya.

Kemudian pada akhir tahun 1980, Nicke menyebut, masyarakat mulai menempati lahan kosong yang tersedia. Bahkan, ada rumah warga yang menempel dinding pembatas Depo yang berdiri hingg sekarang.

Artikel lain : Megawati Bertemu Jokowi di Tengah Isu Duet Prabowo-Ganjar Dijodohkan, Ini Analisis Pengamat

“Dan di hari ini begitu padatnya sampai masyarakat atau rumah-rumah masyarakat nempel di dinding pembatas Terminal Plumpang,” jelas Nicke.

Untuk diketahui, Depo BBM Plumpang merupakan pemasok BBM ke 790 SPBU di 19 kabupaten/kota di Indonesia. Depo Plumpang juga memasok Pertashop dan SPBU untuk nelayan.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close