BeritaKesehatanRegional

RSUD RSMS Purwokerto Kekurangan Dokter Spesialis

BIMATA.ID, Purwokerto – Pelaksana Tugas Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof Dr Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto Untung Gunarto mengatakan hingga saat ini RSUD milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) itu masih kekurangan dokter spesialis.

Baca juga: Prabowo Ucapkan Terima Kasih Kepada Jokowi Dalam HUT ke-15 Gerindra

“Kalau keberadaan dokter umum dan dokter spesialis untuk pelayanan sampai saat ini sudah cukup, yang masih kurang adalah dokter sub-spesialis,” ucap Untung Gunarto di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin (06/02/2023).

Menurutnya, kurangnya dokter spesialis yang disebabkan dokter-dokter spesialis yang telah menyelesaikan program fellowship dalam bidang tertentu, serta dari satu spesialisasi mendapat pengakuan dari kolegium pengampu cabang keilmuan terkait itu belum banyak diproduksi atau tersedia.

Lihat juga: Prabowo Subianto Tegaskan Siap Bela Pemerintahan Presiden Jokowi Hingga Berhasil

Selain itu, disinggung mengenai kemungkinan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai salah satu faktor penghambat kurangnya dokter,

Namun, Untung mengatakan, permasalahan tersebut bukan karena hambatan dari IDI yang terkait permasalahan itu.

Simak juga: HUT Partai Gerindra ke-15, Kader Muda Gerindra Doakan Prabowo Presiden

“Adanya malah dorongan pemenuhan dari IDI,” tegas Untung, yang sekaligus mantan Ketua IDI Kabupaten Banyumas itu.

Untuk diketahui, kemungkinan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan yang sedang disusun oleh DPR RI dapat mengurangi masalah kekurangan dokter, dia mengatakan jika sebenarnya masalah dokter itu lebih ke arah pemerataan dalam hal jaminan hidup layak di daerah-daerah sehingga dokter menumpuk di kota besar.

(FAR)

Selengkapnya: Prabowo Subianto: Yang Penting Saya Tidak Bohong dan Tidak Berkhianat

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close