BeritaNasionalPolitik

Presiden Jokowi Optimis Pembangunan IKN Nusantara Selesai di Tahun 2024

BIMATA.ID, Kaltim – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) optimistis, pembangunan Istana Kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal selesai pada tahun 2024.

Kepala Negara menargetkan, Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus tahun 2024 bisa digelar di kawasan itu setelah proses pembangunannya selesai.

“Ya, jadi ini kawasan adalah kawasan istana, Istana Kepresidenan, yang saya optimis tahun depan bulan Agustus insyaallah sudah bisa upacara di sini,” kata Presiden Jokowi, saat memberikan keterangan pers di Menara Pandang, kawasan IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (23/02/2023).

Baca juga: Panaskan Mesin Partai, Gerindra Bali Siap Gelar ‘Jalan Sehat Prabowo’

Lebih lanjut, Presiden Jokowi memperoleh beberapa informasi dari pelaksana proyek terkait pembangunan tersebut.

“Kalau melihat lanskap dan yang lain-lainnya, tadi saya sudah berbicara dengan perancangnya, dengan pelaksana di lapangan, dengan para supervisi di lapangan, manajer di lapangan, optimis insyaallah selesai,” sambungnya.

Presiden Jokowi menegaskan, pembangunan Istana Kepresidenan itu akan sesuai dengan desain yang telah dirancang sebelumnya. Namun, kemungkinan terdapat beberapa bagian yang harus menyesuaikan kondisi di lapangan.

“Ini dari desain, dari pembangunan, semuanya oleh kita sendiri, putra-putri bangsa terbaik Indonesia,” tegas mantan Gubernur Provinsi DKI Jakarta ini.

Lihat juga: Asran Siara: Ungkap Penyebab Prabowo Paling Digandrungi di Pemilu 2024

Mantan Wali Kota Surakarta ini memastikan, Istana Kepresidenan tersebut bakal langsung ditempati ketika proses pembangunannya selesai. Hal itu dilakukan agar kawasan IKN tersebut menjadi ramai. Sehingga, dapat meningkatkan geliat pembangunan di sekitarnya.

“Iya ditempati. Masa gak mau ditempati, selesai ya ditempati. Setiap kementerian juga sama, meskipun tidak semua staf itu dibawa. Segera ditempati, supaya ini ada keramaian di sini. Kalau ada keramaian berarti perlu restoran, perlu sekolah dari TK, SD, SMP, SMA, Universitas, perlu rumah sakit, perlu klinik, perlu entertainment, hiburan, perlu mal, dan lain-lain,” jelas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyebut, IKN yang saat ini telah mulai dibangun menawarkan suasana yang berbeda. Sehingga, akan banyak menarik investor lokal maupun asing untuk berinvestasi di kawasan tersebut.

“Sangat-sangat, suasana yang berbeda, kita ini menawarkan suasana. Ini kawasan inti adalah kawasan pemerintahan. Di luar itu, orang akan melihat suasana yang berbeda, ada diferensiasinya. Nah, itu yang kita jual. Experience, ambience, semuanya yang kita jual itu,” ujarnya.

Simak juga: Kunjungi Pimpinan Timur Tengah, Prabowo Perkenalkan Produk Inovasi Industri Pertahanan Karya Anak Bangsa

Hadir mendampingi Presiden Jokowi, yakni Sekretaris Kabinet (Setkab) RI, Pramono Anung, Menteri BUMN RI, Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM RI, Bahlil Lahadalia, Menteri PPN/Kepala Bappenas RI, Suharso Monoarfa, Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/Kepala BPN RI, Hadi Tjahjanto dan Kepala Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close