BeritaEkonomiNasionalPeristiwaUMKMUmum

Pemerintah Guyur Rp 860 Miliar untuk Ketahanan Pangan

BIMATA.ID, Jakarta-  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan negara telah membelanjakan Rp860 miliar untuk program prioritas ketahanan pangan.

Dana tersebut disalurkan melalui Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selama bulan Januari 2023.

BACA JUGA: Pesan Prabowo kepada Pengurus HIPMI Baru: Selamat Berkarya untuk Indonesia Raya

“Ketahanan pangan sudah terbelanjakan hampir Rp1 triliun,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa, Jakarta, Rabu (22/02/2022).

Dia menjelaskan alokasi anggaran ketahanan pangan digunakan untuk menekan kenaikan harga pangan di tingkat masyarakat. Utamanya untuk mencegah kenaikan harga beras.

“Alokasi ketahanan pangan ini untuk menangani harga pangan dan harga beras agar bisa lebih stabil lagi,” kata dia.

BACA JUGA: HUT Gerindra ke-15, Kader dan Warga Jakarta Timur Deklarasi Pemilu Damai dan Siap Menangkan Prabowo Subianto

Sri Mulyani menjelaskan Kementerian PUPR telah menyerap Rp630,8 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan bendungan dan irigasi.

Sementara itu, Kementan telah membelanjakan Rp125,4 miliar dan KKP sebesar Rp99,4 miliar. Penyerapan anggaran tersebut digunakan untuk berbagai kegiatan teknis di kementerian/lembaga.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) telah menyediakan dana Rp104,2 triliun untuk menjaga ketahanan pangan nasional tahun ini. Dana tersebut pun tersebar dalam anggaran di kementerian/lembaga dan berbagai instansi yang mendapatkan jatah APBN dari negara.

BACA JUGA: Tokoh Milenial Puji Kunjungan Prabowo ke NTB, Bukti Nyata Pengabdian

“Anggaran ketahanan pangan ada Rp104,2 triliun yang ada di kementerian/lembaga dan non kementerian/lembaga,” kata Airlangga di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (20/2).

Airlangga mengatakan dana tersebut akan digunakan pemerintah untuk menjaga stabilitas harga pangan dan perekonomian nasional yang masih dalam masa pemulihan. Apalagi dalam waktu dekat, akan ada momentum bulan puasa dan hari lebaran yang berdasarkan historisnya mengalami kenaikan inflasi.

BACA JUGA: Hari Ini Rombongan Relawan Jokowi Mania Temui Prabowo Subianto untuk Dukungan di Pilpres 2024

“Ini momentum pemulihan ekonomi nasional dan inflasi yang terjaga diharapkan menjadi pondasi ekonomi di tahun 2023,” kata dia.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close