BeritaPolitikRegional

PDIP Beberkan Sosok Pengganti Ganjar Jelang Pilkada Jateng 2024

BIMATA.ID, Semarang – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah membocorkan sosok 3 sosok terkait yang akan diusung sebagai Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah (Jateng) periode 2024 – 2029 yang akan menggantikan Ganjar Pranowo.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jateng ambang Wuryanto mengatakan, kriteria yang harus dimiliki sosok Cagub nanti tersebut adalah 3K yaitu Karakter, Kompetensi, dan Kecerdasan.

Kemudian, pria yang akrab disapa Bambang Pacul mengatakan,bahwa cagub yang akan diusung pihaknya harus memiliki karakter ideologi PDIP dan menerjemahkan pemikiran-pemikiran tokoh proklamator RI, Soekarno.

Baca juga: Prabowo Dampingi Presiden Jokowi Lepas 140 Ton Bantuan Bahan Makanan ke Turki dan Suriah

“Yang pertama adalah karakter ideologi PDI Perjuangan dan menerjemahkan pemikiran-pemikiran Bung Karno. Salah satu pemikiran Bung Karno yang disampaikan adalah menambah tenaga kaum Marhaen. Maksudnya, memberikan kekuatan pada kaum Marhaen atau masyarakat miskin melalui program-program pengentasan kemiskinan,” ucap Pacul di Semarang, Selasa (21/02/2023).

Kriteria kedua, Pacul menjelaskan, Cagub yang akan diusung pihaknya harus memiliki kompetensi yang memiliki pengalaman kepemimpinan (leadership) yang dapat melindungi, menguatkan hingga, memberi keamanan dan kenyamanan.

“Calon gubernur PDI Perjuangan harus memiliki pengalaman leadership. Kepemimpinan yang ngayomi (memberi rasa aman), ngayemi (memberi rasa nyaman), dan ngayani (memberi penguatan). Pemimpin tidak boleh hanya mendahulukan diri sendiri, namun harus mengutamakan masyarakatnya,” jelas Pacul.

Lihat juga: Prabowo Subianto Sapa Relawan Kemanusiaan yang Mengiringi Bantuan Ke Turki-Suriah

Dan kriteria ketiga, Cagub yang akan diusung pihaknya, harus memiliki kemampuan memecahkan masalah serta punya sense of crisis. Sebab, hal ini bisa dilihat dari lingkungan dia bergaul, termasuk rekam jejak atau capaian yang telah dilakukannya.

Maka dari itu, sosok seperti di atas, harus diprioritaskan, sebab, Jateng menjadi salah satu barometer di Indonesia yang dimulai dari, politik, sosial, sampai ekonomi.

Untuk diketahui,namun, sampai saat ini, Pacul mengakui belum mendapatkan nama – nama yang akan diusung sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah pengganti Ganjar Pranowo untuk Pilkada 2024 mendatang.

Simak juga: Pesan Prabowo kepada Pengurus HIPMI Baru: Selamat Berkarya untuk Indonesia Raya

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close