BeritaRegional

Dinkes Garut Sebut Difteri Menyerang Warganya Tujuh Meninggal Dunia

BIMATA.ID, Garut – Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut, Leli Yuliani mengatakan Difteri menjangkiti warga di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, terdapat 73 orang warga yang diduga difteri hingga Minggu (19/2) dengan mayoritas penderita adalah anak-anak.

“Dari tujuh orang tersebut, enam orang berusia anak-anak dan satu orang dewasa. Namun, kami belum dapat memastikan apakah penyebab kematian tersebut adalah difteri, karena belum sempat diperiksa melalui pemeriksaan laboratorium,” katanya, Selasa (21/02/2023).

Baca Juga : Prabowo Bersama Anak Buah Nobar Film Adagium, Cerita Nasionalisme Besutan Rizal Mantovani

Pihaknya menjelaskan bahwa gejala umum yang dirasakan dalam kasus difteri adalah demam, susah menelan, serta pseudomembran atau bagian leher seperti bengkak. Namun, gejala tersebut dapat dirasakan dalam tingkat yang berbeda-beda, mulai dari gejala yang ringan hingga berat.

Leli memastikan, Pemerintah Kabupaten Garut telah melakukan penanganan di Desa Sukahurip. Pihaknya juga terus berupaya melakukan skrining kontak erat dan deteksi dini, khususnya di Desa Sukahurip. Selain itu dilakukan juga sosialisasi kepada masyarakat agar ketika ada yang bergejala untuk segera berobat.

Cek Juga : Nikmati Akhir Pekan, Prabowo Nobar Film Adagium di Bioskop Senayan

“Mengimbau warga yang menjadi kontak erat untuk sementara menahan diri berinteraksi dengan orang lain karena difteri dapat menular melalui droplet atau percikan ludah, Virus difteri sendiri dapat bersumber dari berbagai hal, namun setelah dilakukan penelusuran, riwayat imunisasi di wilayah tersebut kurang baik,” ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya berencana untuk melakukan imunisasi tambahan di luar imunisasi dasar di sekitar kampung itu.

“Kondisi ini menunjukkan bahwa kita perlu tetap waspada dan meningkatkan kewaspadaan akan berbagai macam penyakit menular. Imunisasi tetap menjadi salah satu cara efektif dalam mencegah penyebaran penyakit. Selalu patuhi protokol kesehatan dan segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan jika merasakan gejala yang mengarah pada penyakit menular,” pungkasnya.(oz)

Simak Juga : Don Muzakir Minta DPC PAPERA Garut Kuasai Suara Pedagang Dukung Prabowo

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close