BeritaEkonomiEnergiInternasionalNasional

Dadan Kusdiana Optimis Investasi Tenaga Listrik Akan Capai 6,64 Miliar USD di 2023

BIMATA.ID, Jakarta- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat angka investasi di sektor ketenagalistrikan selama tahun 2022 mencapai USD5,75 miliar atau sekitar Rp 85,5 triliun. Sektor ini dinilai masih menjadi destinasi investasi infrastruktur yang diincar banyak investor global.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, dirinya optimis terhadap investasi ketenagalistrikan di 2023. Dengan target investasi sebesar USD 6,64 miliar.

BACA JUGA: Prabowo Unggul di Musra Relawan Jokowi, Dinnar : Prabowo Semakin Diterima

“Kita tetap optimis untuk kedepannya, karena target investasi juga meningkat menjadi USD 6,64 miliar,” ujar Dadan, hal ini dikutip melalui website resmi Kementerian ESDM, pada kamis (02/02/2023).

Dadan mengungkapkan, saat pandemi Covid-19 hal terjadi penurunan pada tingkat konsumsi listrik sehingga beberapa proyek pembangkit mengalami perubahan jadwal beroperasi atau Commercial Operation Date (COD).

“Penurunan permintaan akibat Covid menyebabkan beberapa proyek pembangkit mengalami penjadwalan ulang,” ungkapnya.

Selain itu, Dadan juga menjelaskan, turunnya nilai investasi tersebut dikarenakan beberapa kontraktor masih mengalami kesulitan finansial dan kesulitan teknis pengadaan peralatan utama.

BACA JUGA: Musra Relawan Jokowi, Prabowo Peroleh 30,19 Persen Suara, Ganjar 25,50 Persen, Anies 1,80 persen

Tak hanya itu, hambatan dalam investasi ketenagalistrikan turut dipengaruhi permasalahan perizinan dan pembebasan lahan, terhambatnya suplai Material Transmisi Utama (MTU) dan Material Distribusi Utama (MDU) akibat pengaruh perang Rusia-Ukraina dan beberapa proyek PLN masih dalam fase pengadaan.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close