BeritaPolitikRegional

Cara Relawan Ganjar Muda Padjajaran Gaet Dukungan Linmas di Bandung

BIMATA.ID, Bandung – Cara tak biasa yang dilakukan oleh relawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) untuk menarik minat pertahanan sipil (Hansip) atau Lintas Masyarakat (Linmas) dengan mengadakan perlombaan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di lapangan Voli RW 10 Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar).

Koordinator Nasional GMP, Rendra Wibawa Setiawan mengatakan, kegiatan tersebut diadakan dalam rangka meningkatkan kedisiplinan para hansip dalam mengayomi, menjaga kondusifitas, keamanan, dan ketertiban lingkungan.

“Acara ini dilakukan sebagai apresiasi terhadap linmas yang biasa dikenal hansip, karena kami tahu mereka adalah benteng terakhir keamanan di masyarakat. Mereka kami kumpulkan untuk berbagi keceriaan,” kata Rendra, dikutip dari detik, Jumat (24/02/2023).

Baca Juga : Prabowo Boyong Industri Pertahanan Lokal Unjuk Gigi di IDEX UEA

Rendra menerangkan, ada ratusan personel linmas yang berpartisipasi dan unjuk kebolehan dalam lomba PBB, mereka berasal dari tujuh desa, di antaranya Desa Batujajar Barat, Batujajar Timur, Cangkorah, Galanggang, Giriasih, Pangauban, dan Selacau di Kecamatan Batujajar.

Rendra mengajak para hansip atau linmas untuk menjalankan tugas dan fungsi secara optimal. 

Upaya ini dilakukan demi terciptanya keamanan, ketentraman, ketertiban di masyarakat serta meningkatkan fungsi sistem keamanan keliling (siskamling) dalam masyarakat.

“Pesan kami untuk para hansip tetap menjaga daerah dengan baik karena kami tahu bahwa Indonesia ini besar karena gotong royongnya karena kerja sama, dan para hansip ini salah satu cerminan gotong-royong yang hari ini masih hadir di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Dalam lomba tersebut, diputuskan predikat juara 1, juara 2, dan juara 3 berdasarkan sejumlah penilaian.

Linmas Desa Giriasih menempati juara pertama, lalu disusul Desa Galanggang, dan terakhir adalah Desa Pangauban.

Sementara itu, Kurnia (47) salah satu linmas Desa Giriasih mengapresiasi lomba baris berbaris yang diselenggarakan oleh GMP.

Simak Juga : Prabowo Pamerkan Inovasi Industri Pertahanan Karya Anak Bangsa di Kancah Internasional

Kurnia menilai kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam bertugas, menambah kekompakan, dan sikap gotong-royong antar sesama kalangan linmas.

“Alhamdulillah kita bersyukur dari linmas desa giri asih. Sering-seringlah diadakan acara seperti ini supaya ada penggodokan buat kita-kita, supaya nggak canggung di depan publik,” pungkas Kurnia.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close