BeritaPeristiwaRegional

Bupati Kebumen Ungkap Turunnya Angka Kemiskinan Tertinggi Kedua di Jateng

BIMATA.ID, Kebumen – Pemerintah Daerah (Pemda) tengah fokus dan bekerja keras mengatasi persoalan kemiskinan di daerah Kebumen, walau masih menjadi kabupaten termiskin di Jawa Tengah (Jateng), hebatnya angka penurunannya tertinggi kedua di Jateng.

Hal itu, diungkapkan oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto seusai menggelar apel kebangsaan bersama jajaran ASN di Kecamatan Karangsambung, Rabu, (22/02/2023).

“Secara penurunan, kita alhamdulillah nomor dua di Jateng. Tetap butuh kerja keras karena kita masih termiskin di Jawa Tengah. Tapi jumlah penduduk miskinnya kita sudah tidak terbanyak,” ungkap Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Rabu (22/02/2023).

Baca juga: Asran Siara: Ungkap Penyebab Prabowo Paling Digandrungi di Pemilu 2024

Kemudian, dia juga menjelaskan, bukan hanya angka kemiskinan saja yang turun, adapun angka stunting di Kebumen juga mengalami penurunan tajam, sekitar 10%. Sehingga, Pemda terus berupaya mencari solusi untuk mengurangi angka kemiskinan.

“Salah satunya kita berikan bantuan permakanan. Bagi masyarakat yang sudah sepuh, jompo kita berikan makanan atau uang masak yang dikelola oleh PKK Desa, untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Maka dari itu, pihaknya telah memberikan perintah kepada ASN untuk melakukan program belanja di pasar tradisional, guna dapat mempertumbuhkan ekonomis masyarakat, dan adapun pemerintah akan mendorong perbanyakan festival.

Lihat juga: Kunjungi Pimpinan Timur Tengah, Prabowo Perkenalkan Produk Inovasi Industri Pertahanan Karya Anak Bangsa

“Kenapa perlu diperbanyak event-event semacam ini, di desa-desa juga sudah mulai digelar festival, ada expo, pasar murah, pentas seni serta hiburan-hiburan masyarakat yang tujuannya agar ekonomi di desa semakin hidup,” tandasnya.

Oleh karena itu, Bupati mengajak masyarakatnya untuk membangkitkan kembali semangat Gotong – royong guna mengurangi beban sosial masyarakat menjadi ringan.

Simak juga: Momen Akrab Prabowo dengan Pemimpin Timur Tengah saat Hadiri Undangan Presiden MBZ

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close