BeritaBola

Atletico Madrid Resmi Datangkan Bek Keturunan Indonesia

BIMATA.ID, Jakarta- Atletico Madrid resmi mendatangkan bek Tottenham Hotspur keturunan Indonesia, Matt Doherty jelang penutupan bursa transfer musim dingin Januari 2023.

Matt Doherty yang merupakan bek kanan asal Irlandia berdarah Indonesia didatangkan Atletico Madrid secara gratis setelah sang pemain memutus kontraknya di Tottenham berdasarkan kesepakatan bersama.

Dalam pernyataannya, Atletico menyebut Doherty sebagai pemain yang piawai dalam bertahan, serta mampu membantu membangun serangan melalui operan-operan panjangnya. Pemain 31 tahun itu diketahui akan membela Atletico sampai akhir musim.

Baca juga : Prabowo Subianto Sebut NU Salah Satu Pilar Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Kepergian Doherty sebelumnya disebut-sebut akan menggunakan skema peminjaman. Namun hal itu akan membuat Tottenham kini telah meminjamkan sembilan pemain, sedangkan batasan dari FIFA adalah delapan pemain yang dipinjamkan, sebaimana ldikutip dari Antara, Rabu (1/2/2023).

Doherty telah 29 kali bermain untuk timnas Irlandia. Ia melakukan debut profesionalnya bersama Wolverhampton Wanderers yang merekrutnya dari akademi Bohemian pada 2010.

Sebelumnya baca juga : NU Jemput Kebangkitan Baru Abad ke II, Prabowo Subianto Kutip Kalimat Bung Karno

Setelah sempat dipinjamkan ke Hibernian pada bursa transfer musim dingin 2011/2012 dan ke Bury di League One antara Oktober 2012 sampai Januari 2013, Doherty akhirnya dapat mengamankan posisinya di Wolverhampton.

Ia bermain sampai musim 2019/2020 di Wolverhampton, dengan catatan total 302 pertandingan resmi. Doherty juga menjadi sosok penting dari keberhasilan klub itu promosi sebanyak dua kali, dari League One ke Championship, serta dari Championship ke Premier League.

Selengkapnya : Prabowo Subianto : NU Hadir Beri Kontribusi Besar Terhadap Kebangkitan, Ekonomi, Pendidikan dan Ummat

Pada musim 2020/2021, Doherty bergabung dengan Tottenham Hotspur. Di klub London utara itu Doherty tampil sebanyak 71 pertandingan, sekaligus memikat Atletico untuk pada akhirnya memboyongnya ke Spanyol.

Matt Doherty Keturunan Indonesia

Kabar diketahuinya Matt Doherty memiliki garis keturunan Indonesia ini disebarkan oleh akun Instagram @footballtalentnesia sebaimana melansir BolaTimes.

Dalam unggahan itu, bek sayap berusia 31 tahun ini diketahui memiliki ikatan dengan Indonesia dari sang ibunda, Joni Doherty, yang merupakan orang Belanda dengan darah Tanah Air.

Artikel terkait : Dasco Respon Perjanjian Politik antara Prabowo, Anies-Sandiaga

Dilaporkan bahwa sang ayah adalah pasukan Belanda yang dikirim ke Indonesia dan bertemu Joni Doherty, sehingga keduanya menikah dan melahirkan Matt Doherty.

Meski punya darah Indonesia dan darah Belanda, Matt Doherty justru memilih membela Irlandia di pentas internasional, yang tak lain adalah tanah kelahirannya.

Sejauh ini, pemain yang lahir di Dublin itu sudah membukukan total 29 penampilan bersama Timnas Irlandia di semua ajang internasional.

Dia tercatat telah bermain, baik di ajang laga internasional FIFA Matchday, UEFA Nations League B, Kualifikasi Euro 2020, hingga Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa 2022.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close