BeritaRegional

Warga Jatim Diimbau Waspada Kasus Campak Meningkat

BIMATA.ID, Surabaya – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengimbau warga waspadai penyakit campak rubela. Khofifah mengatakan sejumlah daerah di Jatim mengalami peningkatan penyakit campak seperti Kota Batu, Bangkalan, Magetan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Pasuruan dan  Probolinggo.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap penyakit campak dan segera lengkapi vaksinasi campak rubella (MR) anak, karena saat ini tengah terjadi peningkatan kasus campak di beberapa daerah di Jawa Timur,” katanya, Senin (23/01/2023).

Sayangnya Khofifah tidak merinci jumlah peningkatan penyakit campak di wilayahnya. Dengan kondisi ini, ia meminta seluruh sektor kesehatan meliputi jajaran dinas kesehatan, rumah sakit hingga layanan kesehatan untuk bersiap diri dan mengantisipasi agar Kasus campak pada anak, bisa diantisipasi dengan penanganan yang terpadu agar penyebarannya tidak meluas.

Baca Juga : Prabowo – Muhaimin Resmikan Sekber di Samping Rumah Wapres KH. Ma’ruf Amin

Menurut dia peningkatan kasus campak ini disebabkan terjadinya penurunan cakupan imunisasi yang signifikan saat pandemi covid-19 sehingga menyebabkan banyaknya anak yang tidak mendapatkan imunisasi rutin lengkap. Oleh karenanya Pemprov Jatim akan berkoordinasi melalui kabupaten/kota untuk mengidentifikasi setiap perkembangan kasus Campak pada anak.

“Kasus Campak terjadi dikarenakan rendahnya cakupan imunisasi MR/MMR. Oleh karena itu, kepada orang tua harus memastikan buah hatinya sudah mendapatkan cakupan vaksinasi yang lengkap,” jelasnya.(oz)

Baca Juga : Prasetyo Hadi Sebut Sandiaga Uno Masih Bagian Dari Partai Gerindra

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close