NasionalBeritaPeristiwaPolitikUmum

Prabowo Nilai Babinsa dan Koramil Efektif Wujudkan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta

BIMATA.ID, JAKARTA – Menhan RI, Prabowo Subianto Djojohadikusumo (PSD) akan terus melakukan penguatan pertahanan sebagaimana instruksi .

Prabowo pun meminta agar Kemhan bisa meningkatkan produk pertahanan dalam negeri. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan sistem pertahanan rakyat semesta () dengan perkuatan .

Bahkan Kata Prabowo produk pertahanan dalam negeri akan menjadi prioritas pada tahun 2023. Hal ini merupakan bentuk pengabdian yang nyata kepada bangsa dan negara.

“Kelebihan kita saat ini adalah melaksanakan reorientasi kepada Sishankamrata, komando teritorial (Koter). Karena dalam menjaga stabilitas negara, koter adalah jawaban terbaik,” kata pemilik sapaan ini dalam keterangannya, Rabu (04/01/2024).

ini menegaskan bahwa saat ini Komando Teritorial (Koter) sangat efektif untuk mewujudkan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, (Sishankamrata)

“Saya lihat Babinsa dan Koramil sudah cukup efektif mewujudkan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, (Sishankamrata),” pungkas Prabowo Subianto.

Selanjutnya, Ketum Partai Gerindra ini juga mengingatkan institusi TNI untuk selalu siap siaga dalam menghadapi konflik.

Apalagi, Prabowo menyebutkan bahwa tugas utama Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan TNI adalah memastikan postur kekuatan negara yang siap di tengah kondisi damai.

Prabowo mengutarakan, masa damai adalah waktu untuk mempersiapkan segala kemungkinan konflik yang akan terjadi.

Pernyataan ini juga disampaikan Prabowo saat memberikan pengarahan awal tahun kepada pejabat eselon I dan II di Kemhan.

“Tugasnya Kemhan dan TNI hanya satu, memastikan kesiapan. Masa damai adalah persiapan. Urusan tentara adalah kita harus siap. Seandainya ada konflik, kita sudah siap,” jelas Prabowo

Prabowo juga mengingatkan bahwa mental terkait kesiapan ini perlu mengakar di kalangan TNI. Sebagai garis pertahanan terdepan negara, TNI merupakan unsur terpenting dalam menjaga keamanan di Indonesia.

Karena itu, Prabowo berupaya memperkuat TNI melalui transformasi alutsista yang canggih dan modern. Salah satunya membentuk program refurbishment 41 kapal perang untuk meningkatkan kemampuan operasional dan memperpanjang usia pakai.

Program tersebut nantinya akan mencakup jenis Fast Patrol Boat (FPB)-57 Class, korvet Parchim Class, korvet Fatahillah Class, Kapal Cepat Rudal (KCR) Class, korvet Sigma Class dan korvet Bung Tomo Class.

Sebelumnya Prabowo Subianto keliling di sejumlah wilayah untuk membagikan alat komunikasi dan kendaraan bermotor kepada Babinsa. Dia mengatakan seluruh Babinsa akan mendapatkan fasilitas tersebut demi menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

 

 

(Usman/Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close