BeritaNasionalPeristiwaTravelUmum

Pemerintah Pastikan Amankan Arus Balik Mudik Nataru

BIMATA.ID, Jakarta- Setelah perayaan puncak tahun baru 2023, banyak masyarakat yang akan kembali melanjutkan aktivitasnya sehari-hari. Sehingga nantinya akan berdampak pada arus balik mudik Tahun Baru 2023 ini.

Oleh karena itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meninjau Pelabuhan Merak, Banten pada Minggu (01/01/2023).

Menko Muhadjir melakukan peninjauan ke pelabuhan tersebut untuk memastikan angkutan peyeberangan laut saat arus mudik dan arus balik berjalan dengan baik dari segi keamanan maupun pelayanan.

Ia turut pula didampingi oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, Pejabat Gubernur Banten Al Muktabar, beserta perwakilan dari PT ASDP Indonesia Ferry.

“Saya kira ini memang belum ada tanda akan terjadi kenaikan lalu lintas arus balik atau arus mudik, tapi diperkirakan besok atau lusa akan terjadi kenaikan,” Ucap Muhadjir.

Meskipun terdapat insiden dua kecelakaan kendaraan yang terjatuh ke laut di Pelabuhan Merak selama periode Nataru, Menurut Menko Muhadjir peristiwa tersebut tidak mengganggu arus kendaraan yang akan ke Jawa maupun Sumatera.

“Secara umum sejak perayaan natal sampai tahun baru 2023 ini semuanya berjalan baik, walaupun ada insiden kecil yaitu ada kendaraan tercebur dan ada yang roda ‘as’ nya patah saat memasuki kapal. Namun, itu tidak terlalu banyak berisiko besar dalam rangka pengamanan dan pelaksanaan perjalanan Nataru 2023 saat ini,” Tuturnya.

Ia menyebut angkutan libur Nataru di Pelabuhan Merak saat ini sebagai ajang untuk persiapan menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2023. Kekurangan yang terjadi pada arus mudik tahun lalu dapat diperbaiki, baik dari segi pelayanan maupun infrastruktur.

“Tadi saya telah berdiskusi dengan pak Gurbenur, Kepala Korlantas, dari perwakilan ASDP, dan Kementerian Perhubungan akan menyiapkan (mudik) lebaran kira-kira 3 sampai 4 bulan yang akan datang. Sehingga pengalaman tahun lalu dalam mengelola lalu-lintas libur lebaran, dapat kita tingkatkan untuk tahun ini,” Kata Muhadjir.

Adapun rencana perbaikan yang disampaikan PT ASDP dan Pemerintah Provinsi Banten yakni melakukan pendalaman dermaga eksekutif, menambah area parkir di dermaga, dan memperbaiki serta menambah rest area baik di tol maupun diluar pelabuhan.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close