BeritaNasional

Luhut Binsar Pandjaitan : Indonesia Berperan Aktif dalam Memasok Kendaraan Listrik di Negara – Negara Afrika

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke beberapa negara Afrika, seperti Republik of Kenya, Republik Demokratik Kongo (RDK) dan Zimbabwe pada 20 – 24 Januari 2023. Hal tersebut dikatakan di sela – sela kunjungan kerja Pemerintahan Kenya.

“Ya sudah, saya bilang ambil lah dari Indonesia, tidak usah ke tempat lain,” kata Luhut dalam ‘Saratoga Investment Summit 2023’ di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, dikutip dari tvonenews, Jumat (27/01/2023).

Baca Juga : Prabowo Subianto dan Gibran Didoakan Netizen

Tak hanya membahas itu, Luhut juga membeberkan bahwa sebelumnya, Pemerintah Kenya sempat mendapatkan tawaran kendaraan listrik dari beberapa negara eropa.

“Tapi saat ditawarkan untuk mengambil dari Eropa, Mereka bilang tidak mau. Maka saya bilang ambil lah dari Indonesia. Jadi belum apa-apa Afrika itu sudah minta kendaraan listrik dari kita,” ucapnya.

Mendengar hal tersebut, Luhut menilai, bahwa ini bisa menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menjadi pemasok kendaraan listrik bagi negara Kenya dan beberapa negara wilayah Afrika lainnya.

Cek Juga : Momen Nahyan Salam Dua Jari di depan Prabowo

Apalagi populasi penduduk di Afrika mencapai 1,3 miliar orang, sehingga bisa menjadi pasar yang potensial bagi Indonesia.

“(Populasi di Afrika) itu bukan angka yang kecil, tapi market-nya harus kita buka,” ujarnya.

Bahkan Luhut telah memastikan, mengenai peluang tersebut kepada Presiden Jokowi, hal ini guna untuk memastikan pemerintah untuk merealisasikan hal tersebut melalui kedutaan – kedutaan Republik Indonesia (RI) yang berada di negara – negara Afrika, khususnya Kenya, Kongo dan Zimbabwe.

“Harus ada atase perdagangan dan atase pertahanan, supaya kita bisa mengcover daerah itu. Jangan sampai kita bilang itu calon market baru, tapi kedutaan besar kita di sana tidak kita siapkan untuk mengakomodirnya, kan tidak ada gunanya kalau begitu,” pungkasnya.(Pan)

Simak Juga : Menhan Prabowo Subianto Kagum dengan Arsitektur Loji Gandrung Penuh Dengan Sejarah

Tulisan terkait

Bimata
Close