RegionalUmum

Forkopimda Soppeng Ikuti Rakor Kemendagri Via Video Confrence

BIMATA. ID. SOPPENG. —-Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia adakan rapat koordinasi inspektur daerah seluruh indonesia tahun 2023 sekaligus penandatanganan MOU antara aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) dan aparat penegak hukum (APH) Rabu, (25/01/2023).

Kegiatan tersebut berlansung secara Video Conference di Ruang SCC La Mataesso Kantor Bupati Soppeng yang di ikuti oleh Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE, dan Kapolres Kabupaten Soppeng bersama jajarannya serta Kejari Soppeng yang dibuka lansung oleh Menteri Dalam Negeri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A, Ph.D

Rapat Kordinasi Inspektur Daerah Tahun 2023 dilaksanakan sebagai tindak lanjut hasil rapat forkopimda bersama Presiden Republik Indonesia dimana kegiatan rakor ini ada 4 kegiatan utama yaitu Penandatanganan Nota kesepahaman, launching Aplikasi APIP Lapor, penandatanganan terkait kerjasama Pengawasan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan serta diskusi panel.

Menteri Dalam Negeri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A, Ph.D mengatakan kegiatan rakor ini menjadi atensi bapak presiden karena meskipun Negara ini bersifat desentralisasi akan tetapi dari segala tanggung jawab pemerintah semuanya akan bermuara ke pemerintah pusat.

“Berangkat dari hal itulah maka penggunaan anggaran harus efektif dan efisien, akan tetapi untuk mencapai efektif dan efisien itu maka kepala daerah bersama jajarannya harus cermat dalam memperhatikan sasaran kegiatan”, jelas Tito.

Dalam hal untuk mendukung semua itu maka diperlukan optimalisasi APIP dimana APIP berperas sebagai Quality Assurance yaitu menjamin bahwa suatu kegiatan dapat berjalan secara efektif dan efisien serta sesuai dengan aturannya dalam mencapai tujuan organisasi.

Titik berat dari pelaksanaan tugas pengawasan adalah mencegah terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan program kegiatan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta memperbaiki kesalahan- kesalahan yang telah terjadi untuk dijadikan pelajaran agar tidak terulang dimasa yang akan datang.

(Muhammad Yusranda)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close