BeritaNasional

Dirut Pindad Sebut Maung adalah Ide Inovatif Menhan Prabowo Subianto

BIMATA.ID, JAKARTA – Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose mengatakan, Maung yang ditampilkan dalam rapim merupakan kendaraan versi ketiga.

Abraham mengungkap Maung sejak awal pembuatan merupakan inisiasi Prabowo Subianto. Hadirnya Maung dengan segala improvement yang ada hingga hari ini juga berangkat dari ide inovatif Menhan Prabowo. 

“Kami memberikan satu penghargaan tertinggi untuk Pak Menhan (Prabowo Subianto -red), karena sudah mendorong dan memberi kesempatan pada kami,” kata Abraham, Sabtu 21 Januari 2023. 

Jajal ‘Maung’, Prabowo – Jokowi Semakin Mesra

“Lebih canggih dari (Maung) versi sebelumnya, dari segi performance, secara power, secara struktur body, dari segi penampilan juga lebih baik,”sambung Abraham. 

Bukan hanya itu Abraham mengakui bahwa capaian PT Pindad tersebut tidak lepas dari peran Menhan Prabowo Subianto. 

Menurutnya, Maung versi terbaru yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sekitar 65%, merupakan bagian dari upaya yang terus didorong oleh Prabowo. 

Pengamat Sebut Prabowo Makin Diterima Banyak Kalangan

“(Pembuatan Maung) adalah ide yang inovatif dari Pak Menhan (Prabowo-red). Sejak tahun awal menjadi Menhan, beliau bertanya soal tactical vehicle 4×4. Kemudian Pindad membuatnya, dan beliau beri nama Maung. Itu versi yang pertama sekali,” ungkap Abraham.

 “Lalu pemikiran beliau berkembang lagi. Beliau memanggil (PT Pindad) untuk membuat Jeep yang (Maung versi terbaru) ini,” sambungnya mengapresiasi Prabowo

Kemudian berkat dukungan Prabowo untuk melibatkan ahli dan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, Pindad pun mengaku selalu berusaha memberikan yang terbaik. 

Momen Kemesraan Jokowi dengan Prabowo di Kemhan

Selanjutnya, Abraham juga mengatakan target berikutnya yang akan diupayakan sesuai arahan Prabowo Subianto adalah membangun pabrik engine mandiri untuk meningkatkan TKDN produk-produk kendaraan dalam negeri. 

“Kalau (pabrik engine) sudah ada di indonesia, mulai dari body-nya sudah bisa dibuat di Indonesia, tubular frame dan enginenya juga (bisa dibuat di Indonesia), maka TKDN akan naik, mendekati 70 sampai dengan 80%,” kata Abraham.

Seperti diketahui bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kendaraan operasional satuan (ranops) TNI 4×4 WD terbaru produksi PT Pindad pada Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan (Kemhan) 2023, Rabu (18/1/2023). 

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Resmikan Kendaraan Militer Maung

Peresmian kendaraan taktis (rantis) yang kemudian dinamai ‘ Maung ‘ ini ditandai dengan pemecahan kendi oleh Jokowi didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

****

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close