BeritaRegional

BPBD Kudus Mencatat Kerugian Akibat Bencana Banjir Capai Rp 141,79 Miliar

BIMATA.ID, Kudus – Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Mundir mencatat kerugian material akibat bencana alam mulai dari banjir dan tanah longsor yang terjadi selama awal 2023 diperkirakan mencapai Rp141,79 miliar.

“Untuk kerugian akibat banjir mencapai Rp141,47 miliar dan tanah longsor sebesar Rp315,5 juta,” katanya, Rabu (18/01/2023).

Pihaknya mencatat tanah longsor terjadi Kecamatan Dawe dan Gebog yang terjadi beberapa kali, hingga berdampak pada akses jalan warga yang tertutup material longsor.

Baca Juga : Kaum Millenial: Prabowo Subianto Sosok Pemimpin Masa Depan Indonesia

Dampak kerugian karena adanya kerusakan rumah warga yang jumlahnya Rp315 juta, sedangkan kerugian karena talut yang rusak diperkirakan mencapai Rp585.000.

Dia menyebut kerugian terbanyak dari dampak banjir, terutama dari genangan di areal pertanian seluas 8.637 hektare yang tersebar di sejumlah kecamatan.

“Hasil penghitungan sementara, potensi kerugian akibat genangan banjir tersebut mencapai Rp139,84 miliar,” ucapnya.

Untuk bangunan yang rusak akibat banjir, BPBD Kudus mencatat tujuh rumah, satu rumah di antaranya rusak ringan dan enam lainnya rusak berat dengan nilai kerugian mencapai Rp260 juta.

Kerusakan juga terjadi pada talut dengan panjang mencapai ribuan meter persegi, termasuk jalan dengan panjang sekitar 100 meter dengan nilai kerugian mencapai Rp1,3 miliar.

Lihat Juga : Survei: Tingkat Kepuasan Publik ke Pemerintah Naik, Elektabilitas Menhan Prabowo Ikut Melesat

Banjir yang terjadi di Kabupaten Kudus tercatat sejak awal Januari 2023 yang melanda 32 desa yang tersebar di lima kecamatan, di antaranya Kecamatan Mejobo tersebar di sembilan desa, Jati (4), Undaan (7), Kaliwungu (7), dan Jekulo (5).

Jumlah warga terdampak banjir yang mengungsi mencapai 1.128 jiwa dengan jumlah pengungsian 11 tempat.(oz)

Simak Juga : Kiky Saputri Undang Menteri Prabowo Subianto ke Pernikahannya: Batal Deh Punya Calon Ibu Negara

Tulisan terkait

Bimata
Close