BeritaRegional

BKKBN Provinsi Riau Meyakini 2024 Angka Stunting Dapat Turun 14 Persen

BIMATA.ID, Riau – Koordinator Program Manager Satgas Stunting Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau,Fachrurozi menyatakan, optimistis dapat menurunkan angka stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024. Berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, prevalensi stunting di Provinsi Riau sebesar 17 persen.

Angka tersebut turun dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 22,3 persen. Atas dasar itu, Riau optimistis dapat menurunkan angka stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024.

“Kalau Riau bisa menurunkan angka stunting sebesar 2,5 persen pada tahun 2023, kami optimistis dapat mencapai angka 14 persen tahun 2024,” katanya, Kamis (26/01/2023).

Baca Juga : Prabowo Ingin Berkontribusi Lestarikan Cagar Budaya di Pura Mangkunegaran

Pihaknya mengatakan hal itu di sela Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Riau mengikuti zoom meeting Rakernas Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting. Provinsi Riau telah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka kekerdilan pada anak, satu diantaranya membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang diketuai oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Fachrurozi menjelaskan stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Hal ini terjadi karena asupan makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Cek Juga : Menhan Prabowo Subianto Kagum dengan Arsitektur Loji Gandrung Penuh Dengan Sejarah

“Stunting disebabkan oleh banyak faktor, seperti ekonomi keluarga dan penyakit atau infeksi yang berkali-kali. Selain itu, juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan masalah non kesehatan, aspek perilaku terutama pada pola asuh yang kurang baik dalam praktik pemberian makan pada balita,” jelasnya.

Dia menuturkan stunting bisa dicegah dengan memberikan nutrisi pada 1.000 hari pertama kehidupan, menerapkan pola hidup sehat, dan membiasakan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Lalu, tidak buang air besar sembarangan serta melakukan imunisasi.(oz)\

Simak Juga : Berikan Tugas Baru, Jokowi Makin Yakin Kinerja Menhan Prabowo

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close