BeritaNasional

Beberapa Pencapaian yang Menonjol dari Menhan Prabowo Dalam Karir Militernya

BIMATA.ID, JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto Djojohadikusumo (PSD) yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), mengatakan bahwa komando teritorial (koter) merupakan garda terdepan sebagai sistem keamanan rakyat.

Prabowo mengungkapkan, pentingnya membina dan membangun kekuatan teritorial mulai dari Babinsa, Korem, Koramil, Kodim, Kodam, dan Kogabwilhan.

“Dari sishankamrata, turunannya adalah perkuatan koter, dan kita harus perbaiki koter, kita berdayakan,” ujar Prabowo, Selasa (04/01/2023).

Namun, sebelum menjadi Menhan seperti sekarang ini, dulunya Prabowo pernah menjabat sebagai Perwira Tinggi Kopassus dan dalam dunia kemiliteran Prabowo akrab disapa 08.

Salah satu Pencapaian yang berhasil ditoreh oleh 08 sebagai berikut :

1.Operasi Tim Nanggala di Timor Leste
Saat berusia 26 tahun, 08 pernah ditugaskan menjadi Komandan Pleton Group I sebagai bagian dari operasi Tim Nanggala di Timor Leste (dulu Timor Timur). Kemudian karir 08 meningkat, hingga akhirnya menjadi Pimpinan Korps Baret Merah Kopasus.

2.Operasi Mapenduma
Di awal menjabat sebagai Danjen Kopassus, 08 berhasil membebaskan 26 peneliti yang disandera oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada tahun 1996.

3.Menaklukan Gunung Everest
Pada tahun 1997, 08 Berhasil membawa Korps Baret Merah menaklukkan Gunung Everest bersama dengan Mapala UI, Wanadri dan Federasi Panjat Tebing Indonesia.

Itulah sederet Prestasi yang berhasil ditoreh 08 sewaktu aktif di Militer.

 

(Pandu)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close