BeritaEkonomiNasionalPerikananUmum

Anak Perusahaan Milik Negara PTPN V Gelar Aksi Tebar 300 Ribu Benih Ikan

BIMATA.ID, Jakarta – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V menggelar kegiatan tebar ratusan benih ikan di beberapa sungai Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau.

Dalam kegiatan itu, dihadiri oleh Chief Executive Officer PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V), Jatmiko K Santosa menyampaikan, maksud dari kegiatan tersebut merupakan dari upaya dalam pelestarian ekosistem sungai di Bumi Melayu dengan jenis benih ikan air tawar.

Selain itu, PTPN juga menyebarkan benih ikan dengan total 300.000 benih dengan jenis ikan seperti, ikan lele, patin, nila, hingga ikan mas yang disebar oleh 12 Manajemen Pabrik Kelapa Sawit PTPN V di sungai-sungai yang berada di lingkungan area operasional perusahaan yang tersebar di 6 kabupaten yang diawali dari Kampar, Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu hingga Kuantan Singingi.

“Ini upaya bersama untuk menjaga lingkungan diantaranya ekosistem sungai. Penebaran benih ikan ini juga merupakan langkah konkrit akan kehadiran perusahaan dalam mendukung serta meningkatkan ekonomi para nelayan yang berada di sekitar areal operasional perusahaan,” ucap Jatmiko.

Yang sudah diketahui, Jatmiko menceritakan PTPN V ialah sebagai anak perusahaan milik negara yang telah berdiri sejak 1996 silam, kemudian dia menjelaskan PTPN V terus berusaha berbuat kebaikan kepada seluruh elemen lapisan masyarakat, yang terutama lingkungan masyarakat yang berdampingan dengan perusahaan.

Sambungnya, kegiatan penebaran benih ikan ini sudah direlasikan yang menjadi bagian dari kelanjutan program yang sudah dijalankan tahun sebelumnya, maka dari itu program tersebut juga sejalan dengan program stimulus ekonomi yang diusung PTPN V sejak pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu.

“Kami berharap bisa terus memberikan kebaikan kepada masyarakat dan terutama nelayan agar tingkat ekonomi bisa lebih terangkat serta tumbuh bersama perusahaan,” harap Jatmiko

Jatmiko menjelaskan, perusahaan yang sudah ia pimpin memberikan perhatian terhadap eksistensi ekosistem sungai serta nelayan yang menggantungkan hidup dari sungai-sungai tersebut.

Mengenai hal tersebut, diketahui bahwa, sepanjang tahun 2022 lalu PTPN V sudah membantu memperkuat ekonomi masyarakat desa yang bertempat di sekitar area perkebunan melalui berbagai bantuan pemberdayaan ekonomi dengan menyalurkan dana sebanyak Rp10,23 miliar.

 

(Fikri)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close