BeritaHukumNasionalUmum

VoSurvei Voxpol: Mayoritas Responden Nilai Pemerintahan Jokowi Bersih Korupsi

BIMATA.ID, Jakarta- Survei Voxpol Center Research and Consulting menemukan bahwa masyarakat menilai Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin bersih dari praktik korupsi dan suap.

Hal ini diungkapkan Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago saat menyampaikan hasil survei mengenai evaluasi kinerja pemerintah dari perspektif demokrasi, hukum, ekonomi dan isu politik aktual melalui siaran Youtube Voxpol Center, Jumat (23/12 2022).

Menurutnya, hanya 37 persen responden menyatakan pemerintah saat ini tidak bersih dari praktik suap dan korupsi. Sementara itu, responden yang menyatakan pemerintahan bersih dari praktik suap dan korupsi ada 43 persen.

“Dalam hal terbebas dari praktik suap dan korupsi penilaian publik tergolong rendah, bahkan 37,0 persen menilai pemerintah saat ini tidak bersih dari praktik suap dan korupsi,” kata Pangi.

Dirinya juga menyampaikan bahwa secara umum pemberantasan korupsi dan suap masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah Jokowi-Ma’ruf. Hanya 41,8 persen yang menganggap pemerintah sudah bekerja dengan baik dalam pemberantasan korupsi.

“Karena penilaian dan kinerja pemerintah di bidang ini masih rendah dan masih dalam kategori buruk,” pungkasnya.

Adapun penelitian ini menggunakan metode Multistage random sampling dengan dua tahapan. Tahap satu systemic random sampling memilih TPS yaitu lokasi jumlah sample TPS proporsional dengan populasi provinsi dan sistematik berdasarkan letak geografis.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close