BeritaEkonomiNasional

Upaya Pemerintah Dalam Wujudkan Ekonomi Berkelanjutan

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah Indonesia terus berupaya dalam mewujudkan ekonomi berkelanjutan untuk mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mewujudkan ekonomi berkelanjutan tersebut.

“Dengan cara yang berkelanjutan, kami bertujuan untuk tetap menggerakkan kegiatan ekonomi, mendapatkan pertumbuhan ekonomi,” terang Suahasil dalam Indonesia Economic Outlook PT SMI, Selasa (20/12) di Jakarta.

Suahasil pun memerinci jurus mewujudkan ekonomi berkelanjutan. Pertama, menggunakan produk lokal. Penggunaan produk lokal akan menciptakan efek multiplier untuk mendukung kekuatan ekonomi Indonesia.

Kedua, melakukan hilirisasi untuk mendapatkan sumper pertumbuhan ekonomi baru. Dalam mleakukannya, pemerintah sudah melakukan pembatasan ekspor beberapa sumber daya alam (SDA).

“Jadi, kalau ada larangan ekspor beberapa SDA, ini tujuannya adalah hilirisasi. SDA ini baiknya kami proses lebih lanjut di dalam negeri untuk memberi nilai tambah,” tuturnya.

Ketiga, ekonomi digital. Tak bisa mengelak, dunia sedang bergerak untuk sesuatu yang lebih canggih. Bila Indonesia bisa mengikuti dengan perkembangan ekonomi digital, maka ini bisa menjadi kekuatan bagi pertumbuhan dalam negeri.

Keempat, menuju ekonomi hijau. Dengan ekonomi hijau, Suahasil berharap ada sumber pertumbuhan baru. Menurutnya, ekonomi hijau bisa melengkapi sumber pertumbuhan Indonesia selama ini.

Kelima, memperkuat UMKM. UMKM merupakan katalis dari pertumbuhan ekonomi lokal. Penggunaan produk lokal, salah satunya, bisa mendorong kemajuan UMKM.

 

(ZBP)

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close