BeritaOtomotif

Toyota Bicara Peluang Mobil Listrik All-New bZ4X Diproduksi di Indonesia

BIMATA.ID, Jakarta- PT Astra-Motor (TAM) mengungkapkan tidak menutup kemungkinan untuk membuat produksi lokal atau melokalkan produksi mobil listrik All-New Toyota bZ4X di Indonesia.

“Memang produk kategori BEV termasuk bZ4X dan Lexus masih kami impor. Namun sesuai arahan pemerintah serta permintaan pemerintah kami juga pasti selalu meminta kepada prinsipal agar mempertimbangkan ke depannya tidak hanya impor. Akan tetapi produksi buatan Indonesia,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor di Semarang, Rabu (21/12/2022).

Ia menambahkan, untuk detail model manakah dari produk tenaga listrik buatan Toyota yang akan dibuat di Tanah Air kita memang masih dalam tahap diskusi. Akan tetapi PT TAM terus melakukan lobi untuk permintaan produksi lokal.

“Persiapan produksi lokal butuh waktu, mudah-mudahan kami diberikan waktu yang cukup untuk mendapatkan kesempatan membuat produksi lokal untuk kendaraan jenis listrik,” tambah Anton.

Saat ini tambah Anton, dengan adanya rencana subsidi dari pemerintah tentu akan ada diskusi dan studi bersama.

“Tapi sekali lagi tidak menutup kemungkinan (produksi lokal). Namun sebagai bagian dari product strategy, saya belum bisa share secara detail,” tukasnya.

All-New Toyota bZ4X adalah mobil listrik teknologi Battery Electric Vehicle (BEV) perdana Toyota di Indonesia. Produk ini dibangun dari basis platform e-TNGA atau Toyota New Global Architecture untuk refinement mobil listrik.

Posisi baterai terletak di bawah lantai kendaraan serta menjadi bagian integral dari sasis. Efeknya membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigiditas bodi tinggi.

Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh yang bisa diisi mencapai 80 persen dalam durasi sekitar 30 menit, menggunakan sistem pengisian cepat 150 kW. Serta sistem charging DC output CCS2. Sedangkan pengisian penuh menggunakan AC output dengan suplai 230 V/32 A memerlukan 9-10 jam.

Baterai digaransi delapan tahun atau 160 ribu km, dan setiap kali diisi penuh tunggangan energi listrik ini mampu mencapai jarak hingga 500 km.

All-New Toyota bZ4X dipasarkan Rp 1,19 miliar on the road Jakarta.

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close