Regional

Alokasikan Rp115 Miliar, Pemkab Bone Target UHC 2023

BIMATA.ID, BONE – Pemkab Bone tengah berupaya untuk memberi jaminan kesehatan 100 persen kepada warganya pada 2023 mendatang.

Anggaran sebesar Rp115 miliar sudah dialokasikan dalam APBD 2023.

Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi berambisi memenuhi integrasi kepesertaan BPJS sebesar 95 persen sesuai yang dipersyaratkan untuk Universal Health Coverage (UHC).

”Yang penting seluruh warga Bone akan mendapat jaminan kesehatan. Kalau ada yang sakit, langsung dilayani,” kata Fahsar, kepada wartawan di Kabupaten Bone, Senin (19/12/22).

Fahsar mengatakan, bahwa anggaran Rp115 miliar yang dialokasikan tersebut masih belum final.

Pasalnya, verifikasi data kepesertaan BPJS Kesehatan masih tengah dilakukan.

”Datanya masih diverifikasi, hasilnya nanti yang menentukan, apakah anggarannya butuh tambahan atau sebaliknya dikurangi, yang jelas kita sudah putuskan harus UHC,“ bebernya.

Kepala Dinas Sosial Bone, Andi Mappangara mengakui, hasil verifikasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang selama ini menjadi rujukan untuk kepesertaan BPJS Bantuan Pemerintah akan dikontrol secara elektronik melalui aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS – NG).

”Aplikasi ini akan terkoneksi sampai ditingkat desa. Jadi setiap ada perubahan data kependudukan akan dikontrol melalui sistem,” katanya.

[HW}

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close