BeritaOtomotifRegionalTravel

Pemerintah Targetkan Integrasi Transportasi DKI Jakarta Cepat Selesai

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah telah menargetkan integrasi transportasi umum di DKI Jakarta bisa selesai pada 2023 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Senin (05/12/2022).

Ia menyebut pihaknya akan menghubungkan sistem di MRT, LRT, dan Transjakarta. Dengan begitu, pengguna akan mendapat kemudahan akses, sehingga tidak pusing gonta-ganti kartu untuk transaksi.

“Kami dorong sejak awal. Tetapi ini yang memang menjadi target 2023 khususnya untuk transportasi,” kata Erick.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menuturkan di sisi lain Kementerian BUMN juga terus mendorong penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dan LRT Jabodebek.

Hal ini juga sebagai salah satu pendukung ekosistem transportasi di DKI Jakarta. Proyek KCJB sendiri ditargetkan bisa beroperasi sesuai rencana sekitar Juni atau Juli 2023.

“Kemarin sudah disetujui PMN sebesar Rp3,2 triliun, sudah sepakati dan sekarang sedang diproses di Komisi XI untuk dicairkan akhir tahun,” ujar Kartika.

Dirinya berharap operasional KCJB bisa dilakukan secara simultan dengan LRT Jabodebek. Kartika tak menampik operasional LRT Jabodebek memang tertunda dari yang seharusnya pada Agustus 2022 ke sekitar Juli 2023 karena sistem software yang digunakan.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close