BeritaEkonomiInternasionalNasionalPertanian

Pemerintah Indonesia Serahkan Bantuan Alat Lab Pertanian ke Senegal

BIMATA.ID, Jakarta- Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau yang dikenal juga dengan Indonesian AID (Indonesian Agency for International Development) menyerahkan bantuan alat laboratorium pertanian ke Senegal. Pemberian bantuan senilai Rp 3,2 miliar itu diharapkan memberikan feedback positif bagi Indonesia.

Direktur Utama LDKPI, Tormarbulang L Tobing menyampaikan bantuan terdiri dari tiga jenis peralatan laboratorium di bidang pertanian berupa Muffle Furnace High Performance Liquid Chromatography (HPLC) dan Carbon, Hydrogen and Nitrogen Analyzer (CHN) Analyzer.

“Peralatan disediakan oleh salah satu penyedia di dalam negeri untuk dikirimkan ke Senegal,” ujarnya.

Direktur yang akrab disapa Tor Tobing ini mengatakan penyerahan hibah hari ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Senegal.

“Saya meyakini bahwa pemberian hibah ini juga menjadi aja promosi bagi produk teknologi Indonesia di Senegal serta negara-negara Afrika lainnya,” ucap dia.

Bantuan diberikan atas kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan unit-unit terkait lainnya di Kementerian Keuangan. Hal ini merupakan salah satu amanah pembentukan Indonesian AID yaitu mewujudkan diplomasi tangan di atas melalui pemberian hibah kepada negara-negara sahabat di dunia.

Direktur Afrika, Kementerian Luar Negeri RI, Dewi Justicia Meidiwaty, menyatakan pentingnya hibah ini untuk diplomasi Indonesia. Bantuan Pemerintah RI yang disalurkan oleh LDKPI memberikan dampak positif kepada hubungan diplomasi Indonesia dengan negara-negara Afrika.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close