BeritaRegional

Namanya Si Cakra, Motor Penanganan Kebakaran di Yogyakarta dengan Tabung Pemadam Ganda

BIMATA.ID, Jakarta- Modifikasi kendaraan roda dua untuk penanganan bencana bisa dijumpai di berbagai lokasi Tanah Air. Sebagai wujud kreativitas, ubahan berdaya guna, serta tentunya memberikan manfaat lebih luas dari penggunaan si motor sendiri.

Dikutip dari kantor berita Antara, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota memiliki tambahan armada baru untuk mendukung penanganan kebakaran lebih cepat. Yaitu dua unit sepeda motor pemadam kebakaran yang diberi nama Si Cakra. Akronim dari Sigap Cepat Atasi Kebakaran.

Penampakan fisiknya adalah sepeda motor Yamaha kategori sport yang telah dimodifikasi menggendong tabung pemadam di kedua sisi seperti penempatan pannier pada motor maupun sepeda kayuh.

Dua tabung pemadam busa berkapasitas 25L itu dilengkapi alat pemadam api ringan untuk pemadaman.

Sepeda motor Si Cakra rencananya akan ditempatkan masing-masing di Mako Induk Balai Kota Yogyakarta dan di Pos Kyai Mojo.

“Penambahan sarana dan prasarana untuk penanganan kebakaran terus kami lakukan, termasuk pilihan sepeda motor untuk penanganan kebakaran dengan waktu respon yang diharapkan lebih cepat,” jelas Octo Noor Arafat, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta di Yogyakarta, Rabu (21/12/2022).

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengatakan bahwa penambahan sarana dan prasarana pemadam kebakaran diharapkan dapat mempercepat upaya penanganan.

“Upaya penanganan kebakaran bisa dilakukan lebih optimal. Khusus untuk sepeda motor, diharapkan dapat menjangkau penanganan kebakaran khususnya di permukiman padat warga yang berada di gang-gang kecil dan sulit dijangkau armada yang lebih besar,” tandasnya.

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close