Berita

Jebolnya Tanggul Sungai Kaliombo Akibatkan Ratusan Rumah Warga di Pati Terendam Banjir

BIMATA.ID, Kudus – Tanggul Sungai Kaliombo Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, jebol sepanjang 10 meteran akibat tidak mampu menahan debit air setelah dilanda hujan intensitas tinggi.

Sekretaris Desa Ketitang Wetan Ismail  mengatakan jebolnya tanggul Sungai Kaliombo selebar 10 meter pada Jumat (16/12/2022) dini hari, dan salah satu penyebabnya karena air dari Pegunungan Kendeng langsung turun ke bawah tanpa bisa terserap oleh pohon penghijauan karena vegetasinya yang berkurang.

Akibatnya, kata dia, debit air yang terlalu tinggi mengakibatkan tanggul sungai tidak mampu menahannya sehingga tanggulnya jebol sepanjang 10 meteran.

Tanggul jebol tersebut mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir, dengan ketinggian genangan banjir diperkirakan antara 50 sentimeter hingga 70 cm.

Hingga saat ini, warga setempat masih berusaha membuat tanggul darurat, meski harus menerjang banjir.

Warga berharap banyaknya sejumlah titik tanggul rawan jebol menjadi perhatian baik pemerintah setempat maupun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana.

Pemkab Pati juga sudah menginisiasi penghijauan di Pegunungan Kendeng dengan melakukan penanaman 5.000 bibit pohon di kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tambakromo Pati sebagai upaya meminimalkan dampak bencana banjir.

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close