BeritaHeadlineHukumKesehatanNasional

IDI Sebut Dokter yang Berikan Surat Sakit Tanpa Pemeriksaan Fisik Terancam Kena Hukum

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Moh Adib Khumaidi mengemukakan, dokter yang memberikan surat sakit daring tanpa melalui pemeriksaan fisik (anamnesa) terancam mendapatkan konsekuensi hukum dan etik pada dokter.

“Bukan tidak mungkin akan ada konsekuensi etik pada dokter yang memberikan atau konsekuensi hukum atau dilakukan pelayanan online oleh seorang yang bukan dokter atau dokteroid. Atau dokter yang tidak sesuai dengan kompetensi,” ujarnya, dalam diskusi mengenai surat sakit online yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (27/12/2022).

Dalam pemberian surat sakit, dr Adib menjelaskan, seorang dokter harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) atau Surat Izin Praktik (SIP) dan benar terdaftar sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Ia juga menyebutkan, dokter tersebut juga harus sesuai dengan kualifikasi dan potensinya dalam memberikan analisis dan diagnosa pada pasien yang dalam pengawasan organisasi profesi.

“Kemudian kepentingan yang lain adalah kepentingan untuk surat sakit itu kepada siapa. Umpamanya, dia bekerja pemerintahan atau bekerja di perusahaan jangan sampai nanti kemudian surat sakit itu akan dimanfaatkan untuk menimbulkan kerugian dari pemerintahan maupun perusahaan,” imbuh dr Adib.

Organisasi profesi, dr Adib menyampaikan, berperan dalam memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat. Serta, memberikan perlindungan hukum bagi para dokter atau tenaga kesehatan atau fasilitas kesehatan (faskes).

dr Adib menuturkan, dalam penerbitan surat keterangan adanya sakit atau tidak harus selalu didahului dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Setelah itu, baru bisa diberikan diagnosa dan penatalaksanaan.

Dalam perkembangan teknologi sekarang ini, pemeriksaan secara daring memang tidak bisa dihindarkan. Oleh karenanya, organisasi profesi juga harus melakukan upaya-upaya mengawal regulasi agar tidak merugikan kepentingan masyarakat.

“Dasar-dasar itulah yang kemudian kalau kita sekarang melihat dalam perkembangan teknologi. Kita juga belajar kemarin dalam pemantauan isoman dengan tele medicine, maka yang bisa kita lakukan dengan regulasi yang saat ini adalah melalui faskes to faskes,” tuturnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close