BeritaNasionalPolitikUmum

Gerindra Berpotensi Ancam Dominasi PDIP Pada 2024

BIMATA.ID, Jakarta- Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil penelitian terbaru mengenai hasil elektabilitas partai menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Hasilnya, PDI-Perjuangan (PDIP) tetap kokoh di atas puncak sebagai partai elektabilitas terbesar disusul Partai Gerindra dan Partai Golkar.

“Saat ini, sebanyak 21,9 persen mengaku akan memilih PDI Perjuangan,” kata Peneliti Senior LSJ Iqbal Mawardi, Rabu (07/12/2022).

Pencapaian itu tentu akan membuat Partai besutan kaum soekarnois itu akan mencetak hattrick pada pemilu 2024 nanti.

Namun Partai Gerindra juga berpotensi mengancam dominasi PDI Perjuangan.

“Jika Pemilu dilaksanakan hari ini sebanyak 17,2 persen mengaku akan pilih Partai Gerindra,” ujar dia.

Hal itu dikarenakan Prabowo maju sebagai capres 2024, Partai Gerindra berpotensi mendongkrak perolehan suaranya lebih besar lagi. Sebaliknya jika Prabowo tak ikut nyapres, Partai Gerindra bisa kehilangan statusnya sebagai runner up Pemilu 2019.

Survei LSJ dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 26 November 2022 di 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas. Total sampel sebesar 1220 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multi-state random sampling).

Batas kesalahan (margin of error)+/- 2,81 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dilaksanakan oleh tenaga terlatih dengan pedoman kuesioner.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close