BeritaHeadlineNasionalPolitik

Ferry Mursyidan Baldan, Mantan Menteri ATR/BPN dan Ketua Umum PB HMI

BIMATA.ID, Jakarta – Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia (RI), Ferry Mursyidan Baldan, meninggal dunia di Jakarta, pada hari Jumat siang, 2 Desember 2022.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh mantan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Arief Rosyid, dalam akun Instagram pribadinya @ariefrosyid.id.

“Innalillahi wainnailaihi raji’un. Telah berpulang ke rahmatullah Kanda Ferry Mursyidan Baldan (Ketum PB HMI 1990-1992), pada hari ini di Jakarta. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu. Semoga diampuni segala dosa-dosanya,” tulisnya, Jumat (02/12/2022).

Melansir dari Ferrymbaldan.id, Ferry terlahir sebagai anak kedua dari empat bersaudara, putera pasangan Baldan Nyak Oepin Arif dan Syarifah Fatimah (alm). Kedua orang tuanya yang berasal dari Aceh namun lama bermukim di Bandung, Jawa Barat (Jabar), karena bekerja sebagai karyawan Telkom di Kantor Pusat Telkom di Bandung.

Ferry memiliki tiga saudara, masing-masing Syafril Ardan Baldan, Zulkautsar Baldan, dan Mahdan Ridjal Baldan.

Setelah menamatkan pendidikan dasar dan menengah, Ferry melanjutkan studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, lulus tahun 1988. Pada masa itu, ia aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan.

Antara lain, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ferry pernah menjabat sebagai Ketua Umum Badko Jawa Barat periode 1988-1990. Kemudian, menduduki jabatan Ketua Umum PB HMI periode 1990-1992.

Di bidang politik, pada tahun 1992, Ferry resmi menjadi anggota Golongan Karya (Golkar) yang kini dikenal sebagai Partai Golkar. Lalu, ia terpilih menjadi Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 1992-1997 mewakili organisasi pemuda/mahasiswa.

Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 1997, Ferry mejadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari daerah pemilihan (Dapil) Bandung. Ia ditempatkan dalam Komisi II yang membidangi Pemerintahan Dalam Negeri, Hukum, Kepolisian, dan Aparatur Negara.

Seharusnya, masa keanggotaan DPR RI hingga 2002. Akan tetapi, tumbangnya rezim Orde Baru (Orba) memaksa dipercepatnya pelaksanaan Pemilu. Otomatis, masa kerja DPR RI hasil Pemilu 1997 hanya sampai 1999.

Pada Pemilu 1999, Ferry kembali menjadi Anggota DPR RI periode 1999-2004 dan terpilih menjadi Wakil Ketua Komisi II DPR RI. Selanjutnya, ia menjabat sebagai Menteri ATR/BPN RI pada tahun 2014-2016.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close