Berita

Data Dinkes Kabupaten Tangerang Mencatat 522 Warga Menderita HIV/AIDS

BIMATA.ID, Tangerang – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, dr Sumihar Sihaloho melaporkan ada 522 warga di wilayahnya yang menderita penyakit menular aktif HIV/AIDS untuk pasien HIV/AIDS secara umum penderitanya terbanyak dialami oleh kelompok laki-laki dengan usia produktif kisaran 25 sampai dengan 49 tahun.

“Dari Januari sampai dengan November 2022 tercatat ada 522 kasus,” Katanya, (02/12/2022).

Pihaknya juga mengatakan dari 522 kasus tersebut, 372 orang penderita HIV dan 150 orang lainnya penderita AIDS. Mereka tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang.

“Ada dari beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang dan ada juga temuan kasus dari luar wilayah Tangerang,” ucapnya.

Dia mengatakan kasus ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2021, ada 414 kasus dengan kasus HIV sebanyak 264 orang dan kasus AIDS 150 orang.

“Hanya saja tahun 2021 lalu sedang terjadi pandemi covid-19, ada pembatasan kegiatan sehingga penelusuran kasus HIV/AIDS ini tidak berjalan secara optimal,” ujarnya.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Tangerang terus melakukan upaya penekanan dan pengendalian dengan mensosialisasi tentang pencegahan, intervensi stigma, dan diskriminasi terhadap HIV.

“Selanjutnya, melakukan skrining rutin pada kelompok populasi beresiko, melakukan kerjasama dengan lintas sektor, komunitas pendamping dan penjangkau dalam penanggulangan HIV,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close