Berita

BMKG Memastikan Keamanan Penyeberangan di Pelabuhan Merak

BIMATA.ID, Serang – Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang Tarjono mengatakan penyeberangan jalur Pelabuhan Merak, Banten, menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, di Perairan Selat Sunda bagian utara, relatif aman.

“Kami menjamin arus lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni relatif aman, Cuaca di Perairan Selat Sunda bagian utara pada tanggal 21 Desember 2022 dengan ketinggian gelombang berkisar antara 0,5 sentimeter hingga 1,25 meter. Ketinggian gelombang di Perairan Selat Sunda bagian utara itu masuk kategori rendah,” katanya, Rabu (21/12/2022).

Pihaknya juga memastikan untuk seluruh pemudik yang menggunakan jasa penyeberangan Kapal Ferry jalur lintasan Pelabuhan Merak-Bakauheni, Lampung dipastikan aman.

“Kami meyakini gelombang tinggi hingga 1,25 meter cukup normal untuk penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung itu,” ucapnya.

Sementara itu, ketinggian gelombang Perairan Selat Sunda bagian selatan Banten dan Samudera Hindia berkisar 2,5-4 meter. Cuaca di Perairan Selat Sunda bagian selatan Banten dan Samudera Hindia itu masuk kategori tinggi, karena adanya pengaruh dari siklon tropis Darian di barat daya selat Sunda.

Nelayan dan pelaku pelayaran serta wisatawan waspada menghadapi gelombang ketinggian 4,00 meter.

“Kami minta peringatan waspada itu dipatuhi bagi nelayan, pelaku pelayaran dan wisatawan untuk menghindari kecelakaan laut,” jelasnya.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close