Ekonomi4 Sehat 5 SempurnaBeritaBuah HatiKesehatanNasionalUmum

68 Persen Penduduk Indonesia Tidak Bisa Beli Makanan Bergizi

BIMATA.ID, Jakarta- Data di Indonesia menurut data Badan Pangan Dunia (FAO) adalah yang tertinggi di Asia Tenggara. Harga pangan bergizi di Indonesia mencapai angka 4,47 dollar AS sekitar Rp 69.000 per hari.

Sebuah survei juga menemukan data hampir 68 persen penduduk Indonesia tidak mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Meresposn kejadian itu, anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS Kurniasih Mufidayati mengungkapkan situasi ini jelas memberatkan program percepatan penurunan yang tengah dikerjakan di Indonesia.

Komponen utama dari percepatan penurunan stunting adalah pemenuhan gizi rumah tangga bahkan sejak sebelum hari kelahiran atau seribu Hari Pertama Kehidupan.

Kata Kurniasi, jika ada 68 persen masyarakat Indonesia tidak mampu menjangkau makanan bergizi maka ini masalah serius dalam upaya penurunan stunting di Indonesia.

“Yang targetnya ambisius 14 persen pada 2024 mendatang,” ungkap Kurniasih, Rabu (14/12/2022).

Kurniasih mengingatkan keberhasilan penurunan stunting atau pada balita dimulai dari kemampuan rumah tangga Indonesia untuk bisa mengakses sumber-sumber makanan bergizi dengan harga yang terjangkau.

“Pertama perbaiki tata niaga pangan kita sehingga rakyat bisa mendapat bahan mahanan bergizi yang lebih murah dan terjangkau,” sebut Kurniasih.

 

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close