Berita

200 Juta Data DP4 Pemilu 2024 Diserahkan Kemendagri ke KPU

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Menteri Dalam Negeri (Mendagri), John Wempi Wetipo mengatakan, telah menyerahkan 204.656.053 jiwa yang meliputi 38 provinsi, data daftar pemilih untuk Pemilu 2024 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Terdiri dari laki-laki sebanyak 102.181.591 jiwa dan perempuan sebanyak 102.474.462 jiwa meliputi 38 provinsi,” katanya, Rabu (14/12/2022).

Pihaknya juga menjelaskan, ada penambahan jumlah provinsi dari mulanya 34 menjadi 38. Pasalnya, pemerintah telah meresmikan 4 daerah otonomi baru (DOB) di Papua, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Usai menyerahkan DP4, John berharap kerjasama teknis dengan KPU bisa terus berlanjut. Musababnya, dinamika data kependudukan sangat tinggi. Oleh sebab itu, dia menyebut perlu ada pemutakhiran data di lapangan yang rutin dilakukan 6 bulan sekali.

“Supaya data pemilih selalu update untuk menghasilkan data kepemilihan akurat dan berkualitas,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU, Hasyim Asy’ari,menyebut penyerahan data DP4 merupakan tanda dimulainya pemutakhiran daftar pemilih. Ia berharap seluruh jajaran KPU di daerah bisa memaksimalkan kerja-kerja pemutakhiran data ini.

“DP4 sebagai awal dimulainya pemutakhiran daftar pemilih dengan ujungnya penetapan daftar pemilih dimulai,” kata dia.

Hasyim menyebut KPU turut menyiapkan laman daring bertajuk cekdptonline.kpu.go.id bagi masyarakat untuk mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

“Terutama juga dengan parpol karena mereka punya anggota yg akan memilih partai itu, sehingga siapa anggotanya harus dipastikan masuk dalam daftar pemilih,” kata Hasyim.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close