BeritaHeadlineNasionalPolitikUmum

Resmikan 3 Provinsi Baru, Mendagri Tunjuk Tiga Pejabat Gubernur Provinsi Baru Papua

BIMATA.ID, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meresmikan tiga provinsi DOB (daerah otonomi baru) Papua, di antaranya Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan UU No 14 tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan UU No 15 tahun 2022 dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan UU Nomor 16 tahun 2022,” ucap Tito, Jumat (11/11/2022).

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridoi dan memberikan berkat kita semua,” sambungnya.

Setelah resmi menjadi daerah otonomi baru, Mendagri Tito Karnavian juga menunjuk tiga penjabat (Pj) gubernur untuk mengisi tiga provinsi baru tersebut.

Tiga nama itu antara lain Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah dan Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan.

Dalam keppres yang dibacakan, mereka akan menjadi penjabat gubernur selama 1 tahun. Setelah pembacaan keppres, para penjabat gubernur mengucapkan sumpah dan janji jabatan.

“Bersediakah Saudara-saudara mengucapkan sumpah atau janji sesuai agama masing-masing?” ujar Tito memandu pembacaan sumpah dan janji.

Acara peresmian ini dihadiri Ketua KPU Hasyim Asyari, Ketua DKPP Hedi Lukito dan Wakil Jaksa Agung Sunarta. Selain itu, sejumlah anggota DPR dan DPD Papua juga terlihat hadir di lokasi.

(Wahyu Widodo)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close