Berita

PT Waskita Karya Dapat Modal Rp 3 Triliun Dari Pemerintah untuk Bangun Jalan Tol

BIMATA.ID, Jakarta- Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero), Destiawan Soewardjono menjelaskan, pihaknya melaksanakan rights issue setelah berhasil mengimplementasikan delapan arus penyehatan keuangan sejak tahun 2021 dan pemerintah akan memberikan Penyertaan Modal Negara (PMN) kembali sebesar Rp 3 triliun untuk penyelesaian beberapa ruas tol.

“Kepercayaan yang ini merupakan dukungan penuh pemerintah pada Waskita, dalam mendukung program pemerintah pada percepatan pembangunan infrastruktur nasional,” kata Destiawan, Rabu 23 November 2022.

Melalui penerimaan PMN dan pelaksanaan rights issue 2022 ini, Destiawan berharap Waskita akan mampu memperbaiki kinerja keuangan dan operasional. Waskita pun menargetkan perolehan dana dari pemerintah dan publik mencapai sebesar Rp 3,98 triliun.

“Rights issue ini merupakan usaha penambahan modal melalui aksi korporasi pasar, dengan menjaga permodalan Waskita. Setelah mendapat tambahan modal melalui PMN, rights issue yang Waskita lakukan juga sebagai langkah agar porsi saham publik tidak terdelusi sebesar 23 persen,”jelas Destiawan.

Hal tersebut menjadi kesempatan baik untuk para pemegang saham eksisting porsi publik, untuk mengikuti rights issue Waskita. Pemerintah selaku pemegang saham mayoritas pun meyakini kinerja Waskita, dan mendukung penuh dengan menambah modal kembali sebesar Rp 3 triliun.

Ia mengungkapkan, harga pelaksanaan rights issue akan ditetapkan oleh Menteri BUMN, setelah mendapatkan usulan dari Tim Privatisasi Kementerian BUMN dan Joint Lead Arranger (JLA). Saat ini Waskita sedang berdiskusi intensif dengan Kementerian BUMN dan JLA, terkait usulan harga pelaksanaan rights issue.

 

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close