OpiniHeadline

PRODUK HASIL TERNAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM

PENULIS RIKA HARI LESTARI, DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BONE

Saat ini Universitas Muhammdiyah Bone memiliki Fakultas Pertanian dan  Peternakan, dan salah satu prodi yang bergerak dalam produk hasil ternak adalah program  studi Teknologi Hasil Peternakan. Produk hasil ternak sering dijumpai disekitar kita misalnya daging, susu dan telur.

Bagaimana islam mengajarkan tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh  dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan  baik untuk kesehatan, sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al-Ma’idah ayat 88

وَكُلُوْا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللّٰهُ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْٓ اَنْتُمْ بِهٖ مُؤْمِنُوْنَ 

Artinya : Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.

Produk hasil ternak yang pertama adalah daging. Daging merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki nilai gizi berupa protein yang mengandung susunan asam  amino yang lengkap, selain sumber protein daging juga sumber zat  besi yang membantu tubuh memproduksi hemoglobin.

Daging yang dikonsumsi adalah daging yang halal dalam islam dimana daging ini dapat diperoleh dari ternak unggas (ayam, itik, puyuh dan kalkun), ternak ruminansia (sapi, kerbau, kambing,  domba, unta dan rusa) dan ternak nonruminansia (kuda dan kelinci).

Dijelaskan dalam surah An-Nahlayat 5:

وَالْاَنْعَامَ خَلَقَهَا لَكُمْ فِيْهَا دِفْءٌ وَّمَنَافِعُ وَمِنْهَا تَأْكُلُوْنَ  .

Artinya : Dan hewan ternak telah diciptakan-Nya, untuk kamu padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai manfaat, dan sebagiannya kamu makan.

Hadis Rasulullah terkait daging yang bersabda, “sebaik-baik daging adalah  bagian punggungnya” (HR.Ahmad). Dalam riwayat imam Muslim disebutkan bahwa Rasulullah pernah makan daging ayam, akan tetapi beliau tidak meyarankan agar tidak berlebihan dalam menyantapnya. Rasulullah pernah berlindung darir umah yang penghuninya berlebihan menyantap daging (HR.Bukhari).

Produk hasil ternak kedua adalah susu. Susu adalah cairan berwarna putih  yang disekresi oleh kelenjar mammae (ambing) pada ternak mamalia betina seperti sapi, kambing dan kerbau.

Susu mengandungp rotein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Susu memiliki manfaat untuk pertmbuhan

tulang, gigi, kuku dan rambut. Kandungan kalsium pada susu tidak hanya bermanfaat pada anak-anak, tetapi juga lanjut usia untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Prodi Teknologi Hasil Peternakan telah menciptakan produki novasi yaitu SUSU SECANG dan PERMEN SUSU SECANG. Produk ini berbahan susu dengan memanfaatkan sumberdaya alam yang berasal dari pohon secang (Blancaea sappan) yang memiliki kandungan Brazilinyakni zat pewarna merah sappan, asam tanat dan asam galat. Brazilinini bersifat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Susu juga merupakan minuman yang sangat disukai Rasulullah SAW. Diriwayatkan para sahabat, Rasulullah SAW pernah mengonsumsi susu sapi, susu kambing dan susu unta. Bahkan secara khusus Rasulullah menganjurkan umatnya untuk minum susu sapi. “Hendaklah kalian minum  susu sapi karena ia makan dari setiap pohon”. (HR. Ahmad, Hakim  dan Ibnu Hibban).

Dijelaskan dalam surah An-Nahl ayat 66:

وَاِنَّ لَكُمْ فِى الْاَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۚ نُسْقِيْكُمْ مِّمَّا فِيْ بُطُوْنِهٖ مِنْۢ بَيْنِ فَرْثٍ وَّدَمٍ لَّبَنًا خَالِصًا سَاۤىِٕغًا لِّلشّٰرِبِيْنَ  .

Artinya : Dan sungguh, pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (berupa) susu murni antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya.

Produk hasil ternak ketiga adalah telur. Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang paling sering dijumpai dan dikonsumsi sehari-hari. telur mengandung protein, vitamin, karbohidrat dan kalori. Kandungan vitamin B12, B6, kolin dan folat sangat berperan penting dalam  mengatur suasana hati dan memori seseorang.

The American Heart Association merekomendasikan batas maksimal  mengkonsumsi telur perhari adalah satu hingga dua butir. Oleh karena itu marilah kita besama-sama menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan mengkonsumsi  makanan begizi, halal dan baik untuk kesehatan, sebab kesehatan adalah nikmat Allah yang harus disyukuri. Berbagai aktivtas yang dikerjakan akan lebih baik jika dikerjakan dalam keadaan sehat.

****

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close