BeritaBolaInternasional

Piala Dunia Qatar 2022 Disebut Termahal Sepanjang Masa, Berapa Besar Biayanya?

BIMATA.ID, Jakarta- Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar disebut-sebut bakal menjadi ajang piala dunia termahal dalam sejarah turnamen sepak bola di dunia.

Dalam menyelenggarakan World Cup ini, otoritas Qatar telah menghabiskan biaya 16 kali lipat lebih besar dari jumlah yang diinvestasikan oleh penyelenggara piala dunia sebelumnya, yakni Rusia.

Mengutip dari laman Sportingnews, Qatar dilaporkan telah menghabiskan USD229 miliar atau sekitar Rp3.500 triliun untuk pembangunan infrastruktur Piala Dunia.

Meski begitu, besaran angka tersebut belum dikonfirmasi secara resmi oleh tim Piala Dunia di negara tersebut.

Menteri Keuangan Qatar mengaku menghabiskan UDS500 juta atau sekitar Rp7 triliun setiap pekan selama beberapa tahun terakhir untuk pembangunan infrastruktur.

Namun kantor berita Tass di Rusia menyebutkan, pengeluaran yang disebutkan Menteri Keuangan tersebut terlampau rendah. Salah satu pejabat Qatar menyebut, angka tertinggi yang dikeluarkan per pekannya tertinggi hanya USD200 miliar.

Laporan Tass juga menyebut, bahwa dari USD200 miliar, USD6,5 miliar digunakan untuk membangun delapan stadion sepak bola standarPiala Dunia.

Angka itu lebih rendah dari perkiraan semula, yakni sebesar USD8-10 miliar yang direncanakan pada 2016 silam.

Untuk apa saja uang tersebut digunakan?

Tingginya biaya perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar sepertinya setimpal dengan sejumlah fasilitas yang dimiliki. Salah satu biaya yang paling tinggi digunakan untuk membangin sistem pendingin ruangan di delapan stadion yang dibangun.

Perancang pembangunan stadion tersebut mendesain sistem pendingin ruangan yang layak untuk menjaga suhu yang sesuai di dalam stadion, untuk para pemain, penonton dan pendukung Piala Dunia lainnya.

Selain pembangunan delapan stadion standar Piala Dunia, biaya ribuan triliun rupiah tersebut juga digunakan untuk membangun sejumlah fasilitas dan akomodasi di Qatar, termasuk pulau pribadi, apartemen dan hotel.

Sementara di Doha saja, lebih dari USD15 miliar atar setara dengan Rp210 triliun dihabiskan untuk membangun kompleks akomodasi eksklusif yang dikenal dengan sebutan The Pearl.

Selain itu, USD36 miliar atau setara dengan Rp700 triliun dihabiskan untuk membangun Metro Doha. Inibelum termasuk 22 hotel,perumahan,taman hiburan dua marina dan dua lapangan golf yang juga dibangun untuk memeriahkan Piala Dunia 2022.

Perbandingan biaya Piala Dunia sebelumnya

Piala Dunia 2022 di Qatar disebut-sebut yang termahal di dunia dalam sepanjang masa karena mengeluarkan biata sebesar USD220 miliar atau sekitar Rp3.344 triliun.

Angka ini jauh melebihi biaya Piala Dunia sebelumnya yakni Piala Dunia 2018 di Rusia yang menghabiskan biaya USD11,6 miliar dan Piala Dunia Brazil pada 2014 dengan biaya USD15 miliar.

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close