BeritaNasionalPeristiwaUmum

Pemerintah akan Anugerahkan Gelar Pahlawan ke 5 Tokoh Ini

BIMATA.ID, Jakarta- Menko Polhukam Mahfud Md mengumumkan bahwa pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan lima tokoh. Salah satu tokoh tersebut adalah dr HR Soeharto, yang merupakan dokter pribadi Presiden pertama RI, Soekarno.

Hal ini disampaikan oleh Mahfud Md melalui akun Twitternya, @mohmahfudmd, pada Kamis (03/11/2022). Penganugerahan gelar pahlawan ini akan dilakukan di Istana Negara pada 7 November 2022.

“Twips. Pemerintah akan anugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada 5 putera pejuang dan pengisi kemerdekaan Indonesia. Kepada daerah-daerah dan instiusi-institusi warisannya dipersilakan melakukan tahniah (syukuran). Penganugerahan gelar oleh Presiden akan dilakukan di Istana Negara tanggal 7 November 2022,” kata Mahfud dalam cuitannya.

Kelima tokoh tersebut adalah:

– Dr dr HR Soeharto (Jateng)
– KGPAA Paku Alam VIII (DIY)
– dr R Rubini Natawisastra (Kalbar)
– H Salahuddin bin Talabuddin (Maluku Utara)
– KH Ahmad Sanusi (Jawa Barat).

“Semoga arwah para pahlawan negara mendapat surga-Nya,”pungkas Mahfud.

dr HR Soeharto, yang menjadi salah satu dari kelima tokoh tersebut, sebelumnya juga sudah diusulkan untuk mendapat gelar pahlawan nasional. Usul itu disampaikan oleh Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri. Soeharto dikenal sebagai dokter pribadi Sukarno sejak masa sebelum kemerdekaan. dr HR Sooeharto juga merupakan salah satu penggagas Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close