Berita

Kemenkes Laporkan Masih Belasan Anak yang Dirawat di RSCM Akibat Gagal Ginjal Stadium Tiga

BIMATA.ID, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan,sebanyak 14 anak-anak yang dirawat di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo akibat gagal ginjal akut mengingat kondisinya yang sudah masuk dalam stadium tiga.

“Jadi ada 14 orang yang dirawat, itu di RSCM masuk dalam kategori stadium tiga. Ini yang paling berat berarti memang kerusakan ginjalnya cukup parah dengan kondisi-kondisi yang lain,” katanya, Rabu (16/11/2022).

Pihaknya mengungkapkan, tidak ada penyakit komorbid yang menyertai anak-anak tersebut. Kendati begitu, perawatannya masih memerlukan waktu mengingat kerusakan ginjal yang cukup parah dan berharap 14 pasien anak-anak ini lekas membaik setelah diberikan obat penawar Fomepizole yang diimpor pemerintah dari luar negeri.

“Mudah-mudahan dengan ada obatnya Fomepizole ini bisa membantu. Semoga usaha ini kita dapatkan suatu kemudahan sekaligus kelancaran,” ucapnya.

Kemenkes sudah menyimpulkan bahwa gagal ginjal akut disebabkan oleh intoksikasi atau keracunan obat sirup mengandung cemaran maupun zat murni etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close