Berita

Kemenag Bantu Perbaikan 21 Masjid dan 5 Gedung KUA Rusak akibat Gempa Cianjur

BIMATA.ID, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyiapkan bantuan untuk perbaikan Kantor Urusan Agama (KUA) dan rumah ibadah yang rusak akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat. Diketahui sebanyak 21 masjid dan 5 gedung KUA mengalami kerusakan.

“Sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan. Misalnya ada 21 masjid dan 5 gedung KUA yang rusak. Dari 5 gedung itu, 3 KUA rusak ringan dan 2 KUA rusak berat,” katanya, Rabu (23/11/2022).

Pihaknya juga mengatakan, untuk layanan KUA dan rumah ibadah akan melakukan renovasi secara bertahap. Sebab akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran Kemenag.

“Kita sedang mencari lahan sementara untuk disewa agar layanan bisa segera dilakukan. Karena masih tahap evakuasi. Kita juga akan memberikan dukungan alat pengolah data untuk layanan KUA,” ucapnya.

Selain bantuan sarana dan prasarana, Kemenag juga akan mengerahkan penghulu dan penyuluh agama Islam untuk memfasilitasi layanan trauma healing bagi penyintas.

Tim layanan trauma healing ini akan diberi pembekalan terlebih dahulu di Kankemenag Kabupaten Cianjur. Menurutnya, penyintas juga membutuhkan motivasi agar tetap semangat melanjutkan hidup.

“Penyintas mengalami trauma. Penghulu dan penyuluh agama Islam kita siapkan untuk memberikan motivasi sekaligus pendampingan agar penyintas tidak terlalu terpuruk dan terus bersemangat menghadapi ujian serta melanjutkan hidup,” kata dia.

Selain trauma healing, Kemenag juga akan memberikan layanan pemulasaran jenazah.

“Kita siapkan pemulasaran jenazah juga,” kata Kasubdit Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Agus Suryo Suripto.

 

Tulisan terkait

Bimata
Close