Umum

Salut, Pemprov Sulawesi Tengah ke Soppeng Study DBH CHT

BIMATA.CO.ID.SOPPENG – Soppeng patut berbagga setelah dinilai berhasil mengelola cukai tembakau. Pasalnya, Soppeng dijadikan daerah studi banding oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dengan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT).

Rombongan Pemprov Sulawesi Tengah disambut langsung oleh Wakil Bupati Soppeng, Ir Lutfi Halide, di Aula Gabungan Dinas Kabupaten Soppeng, Selasa (25/10/2022).

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (PPK & UKM) Andi Agus Salim mengucapkan selamat datang di Bumi Latemmamala kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah bersama rombongan yang melakukan kunjungan di Kabupaten Soppeng dalam rangka penggunaan Cukai Hasil Tembakau.

Oleh karena itu, mari kita sharing dan berdiskusi bersama ditempat ini. Sekali lagi, terimakasih atas kunjungannya di Kabupaten Soppeng.

Sementara Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Romy Sandy Agung mengatakan bahwa Kabupaten Soppeng merupakan penghasil tembakau tertinggi di Sulawesi Selatan.

Menurutnya, untuk Sulawesi Tengah 3 tahun kemarin kita memperoleh DBH CHT namun sekarang mengalami penurunan, sehingga ini adalah salah satu alasan kita melakukan studi banding disini sebagai langkah kita untuk dapat mengembalikan DBH CHT seperti 3 tahun lalu.

“Kita juga melihat Kabupaten Soppeng telah melalui proses yang panjang dalam mencapai hasil ini. Inilah yang akan kita pelajari tentang apa yang menjadi faktor keberhasilan Kabupaten Soppeng dalam mengelolah cukai tembakau,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Soppeng, Ir H Lutfi Halide, MP mengatakan cukai tembakau nanti akan dijelaskan lebih lanjut oleh Kepala kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Parepare tentang bagaimana trik untuk mendapatkan DBHCHT di kondisi sulit saat ini yaitu selain kita masih menghadapi masa pandemi Covid-19.

Dengan kehadiran kita disini, mari kita berdiskusi bersama kira-kira apa yang baik dan dapat dibawa pulang di Sulawesi Tengah untuk diterapkan. “Semoga kita bisa saling menolong dan bekerjasama terkait DBH CHT ini,” ucapnya.

Turut hadir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Soppeng, perwakilan Kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Soppeng, perwakilan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Soppeng, perwakilan Direktur Perusda Kabupaten Soppeng.

YUS

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close