Berita

PVMBG Minta Masyarakat Waspada Akibat Erupsinya Gunung Ibu di Maluku

BIMATA.ID, Maluku – Petugas Pos Pantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Axl Roeroe mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk tidak beraktivitas di sekitar Gunung Ibu di Maluku Utara dalam radius dua kilometer akibat erupsi abu vulkanik.

“Masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung maupun wisatawan agar tidak beraktivitas dalam radius dua kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu,” katanya, Rabu (05/10/2022).

Pihaknya menyatakan pada 4 Oktober 2022, pukul 20.44 WIT, Gunung Ibu tercatat mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu sekitar 1.100 meter di atas puncak atau lebih kurang 2.425 meter di atas permukaan laut, Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat. Erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30 milimeter dengan durasi selama 90 detik.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung dan mulut (masker), serta pelindung mata (kacamata),” ucapnya.

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe stratovolcano yang terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara, Indonesia, Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar satu kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.

Berdasarkan catatan aktivitas vulkanik, Gunung Ibu meletus pertama kali pada Agustus sampai September 1911. Kemudian pada 1998 sampai 1999 yang menghasilkan sumbat lava,Aktivitas vulkanik berikutnya terjadi pada 2001 sampai 2004, berlanjut kembali pada 2019 sampai sekarang. Saat ini, Gunung Ibu masih berstatus waspada Level II.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close